Wednesday, March 01, 2006

Bauket

PeDe aja lagiii...

Udah pernah naek metromini atau bus umum diJakarta ? Wah..itu sebuah tantangan berat terutama pada jam2 sibuk ketika orang berangkat atau pulang kantor dan anak2 berangkat/pulang sekolah. Pertama sumpeknya, bus udah overload keneknya masih berteriak mantap kosong..kosong...kosong..!!.Yang kedua harus ekstra waspada kalau nggak ingin tas tersilet dompet melayang, meski tas obralan tapi kan lumayan... Terutama buat kaum perempuan penjagaan terhadap anggota bagian tubuh harus diketatkan untuk menghindari tangan2 jahil yang mencuri kesempatan dalam kesemrawutan.Dan yang paling bikin BeTe...wesshh..apalagi kalao bukan BB alias bau badan bin Bauket atawa bau ketek....weleh..weleh...

Berdasarkan pengalaman bau membau keringat orang, ternyata bau setiap orang berbeda. Menurutku bau setiap orang ditentukan oleh kebiasan pola makan seseorang, hal ini bisa diperhatikan terutama ketika kita berpapasan jalan dengan orang dari berbagai bangsa.
Aku pasti ngerasa 'mblenger' setiap teman bule anakku mampir kerumah sehabis mereka main bola....baunya bo'....keju banget!! Apalagi yang umurnya lebih dewasa...weh!! baunya lebih2..kaya keju tua!!
Teman Nigeriaku dulu pernah bercerita soal masak memasak ala nigeria, ternyata mereka banyak sekali menggunakan daun2an yang baunya menyengat sebagai sayuran dan sebagai bumbu yang mungkin tidak pernah menjadi ingredients dalam resep masakan asia. Itulah sebabnya setiap berpapasan dengan orang semacam teman Nigeria tadi selalu tercium bau khas daun2an yang asing bagi hidung kita.Seperti halnya dengan keringat orang India yang banyak mengkonsumsi daun2an seperti daun kari, sriwing2....baunya legit.....
Tapi kalo diperhatikan lagi meskipun sesama orang Asia yang menu makanannya hampir sama bau yang keluar tetap berbeda. Pengkonsumsi sayur2an dan buah2an segar tidak mengeluarkjan aroma yang mencolok dibandingkan penggemar makanan berlemak.

Sebenarnya aroma badan yang keluar dari tubuh kita bisa di eliminer dengan penggunaan pakaian yang menyerap keringat, jadi keringat ada jalan keluar tidak hanya menumpuk dipermukaan kulit sehingga aroma tak sedap bisa berkurang. Kebayang nggak... puyengnya kayak apa seandainya naik bus penuh sesak, didepannya persis ada orang bermasalah 'bauket' pakai baju klenyer yang nggak nyerep kringet sedangkan tangannya dinaikkin keatas untuk berpegangan pada besi agar tidak terjatuh.....wuihh!! lha bisa nggeblak semaput alias pingsan mencium si do'i yang menganga....!!

Selain baju yang menyerap keringat penggunaan deodoran juga dapat mengurangi sengatan aroma tubuh yang bandel, disamping itu bedak talek anti BB juga sudah banyak beredar tapi sayang...bikin 'burket'...!! Itu lho karena si ket-ket keringetan bedak yang nempel jadi seperti bubur.....jadi bukan nasi sudah menjadi bubur tapi bedak yang sudah menjadi bubur...

Memang BB alias Bauket membuat orang jadi minder, kepercayaan diri langsung rontok meski hanya duduk bersebelahan dengan kambing. Asal mengenal trik untuk mengusir BB, PeDe aja lagi....!!

No comments: