Friday, March 10, 2006

The most popular animal


Didunia ini ternyata bukan orang saja yg bisa ngetop, nyatanya binatang juga bisa sangat ngetop dikalangan manusia. Tanpa perlu berpikir mumet tentunya kita sudah tau....yess!! siapa lagi binatang itu kalo bukan kambing!!

Kambing termasuk hewan mamalia yang mempunyai banyak sekali manfaat terhadap kehidupan manusia mulai dari bulu, kepala, daging, susu serta jeroan2annya.Kalau diperhatikan bentuk mukanya....'innocent' sekali...perhatikan matanya ketika mengunyah rumput....kasiaaan... deh kamu !! ...kata anakku sewaktu kecil tiap melihat kambing yg akan disembelih di Hari Raya Idul Adha.

Ketika aku masih tinggal di kota Yogya, beternak kambing dengan sistem ijon cukup populer dikalangan pemula bisnis kecil2an. Orang kota nitip kambing betina kepada orang desa, kelak jika kambing ini melahirkan anak2nya dan mulai bisa dijual belikan hasilnya dibagi 2.Sampai sekarang aku masih heran kenapa kambing ya..? bukan ayam, itik, sapi, kuda...atau lainnya.

Beberapa tahun terakhir ini ibuku selalu me'wanti-wanti' supaya berhati-hati mengkonsumsi daging kambing, jangan terlalu banyak ...sudah umur....begitu selalu pesan beliau. Mitos yang mengatakan bahwa daging kambing bertanggung jawab atas naiknya tensi sampai sekarang masih sangat dipercaya, padahal dari beberapa penelitian ilmiah ditemukan bahwa kandungan kolesterol jahat pada daging sapi ternyata lebih tinggi daripada daging kambing, begitu pula kadar lemaknya. Sehingga seseorang yang merasa 'nggliyer' setelah makan sate kambing walau hanya satu tusuk pasti akan segera menuding bahwa itu adalah kesalahan si kambing ....'wweehh'...kata kambing.

Karena mitos pula, daging kambing juga dipersalahkan
ketika bapak2 yang masih 'joss' sakit 'mah' setelah mengkonsumsi segala masakan yang berbahan
kambing.."mah...mah....ayo doong"....

Kalau kambing punya perasaan tentu dia sangat sedih selalu dipersalahkan seperti itu....apalagi yang berwarna hitam ....apa nggak sakit hati jika orang dengan seenak udelnya memberi label kambing hitam terhadap orang tak bersalah yg kecebur dalam masalah ..yah..mungkin memang sudah nasibnya... kambing hitam selalu dicari pada saat kericuhan datang sementara semua orang cuci tangan takut menanggung kekotoran." Yaaa....kok aku lagi siihh"....mungkin begitu keluhnya kalau dia bisa ngomong....

Yang ini lain lagi...."Buseett....gue diadu domba sama sodara gue sendiri !!" teriak remaja yang merasa temannya telah mengadu dirinya dengan adeknya. Naah..kalau hal ini tidak dicermati dengan teliti kemungkinan keributan akan benar2 terjadi diantara dua saudara gara2 kambing juga meski yang disebut tadi adalah domba...tapi apa bedanya sih...

Untung kambing nggak punya emosi, perasaan, maupun perkataan. Kalau dia tau selalu dijadikan kambing hitam oleh manusia....aku yakin pasti akan nyeruduk jugak !!
Tapi bagaimanapun juga.....seandainya ada penghargaan 'the most popular animal award" gak salah lagi kambinglah pemenangnya.....!!!

No comments: