Thursday, March 16, 2006

Welhadalahh...!!

seputar tayangan tipi kita...

Jaman sekarang punya anak baru gede alias remaja gak mudah lho....bener!! Kalau kita hidup di negri orang masih mending, selain pergaulan anak2 kita 'ketaker' si anak juga akan melakukan tindakan ekstra hati2 menyadari bahwa dia adalah orang asing. Kalau dia berbuat yang aneh2 resikonya bakal digelandang kekantor polisi...gitu selalu aku bilang pada anakku.
Kalau di Jakarta jangan tanya lagi soal godaan yang bertubi2 menghajar para remaja kita dari soal narkoba, pergaulan bebas, adu jotos antar sekolah, hingga tayangan TV yang tidak mendidik.

Siaran TV ditayangkan 24 jam penuh hanya sedikit acara yang memberikan pendidikan serta memberikan pesan2 moral yang berguna buat anak bangsa.Dulu ada TV Pendidikan Indonesia yg ketika pertama kali mengudara sangat sarat dengan tayangan berbagai masalah pendidikan, dari ilmu sekolahan, perkuliahan Universitas Terbuka hingga filem untuk anak2. Tapi sekarang...weehh...berubah total bo'...tempatnya ajang lomba dangdut indonesia ya disini ini....macam Akademi Fantasi Ind versi dangdut gitulah....

Kalau kita tengok TV swasta lainnya....wiiihh..tambah serem lho....Mencermati judul sinetronnya aja udah merinding...Nyi Pelet, Santet, Babi ngepet, Rumah Hantu, Sumpah Pocong....terus judul reality shownya juga nggak kalah serem ....Dua Dunia....hii...Nah..yg bikin heboh sekarang adalah tayangan2 infotaintment yang sudah menyesaki acara2 TV.... ada Kiss(Kisah Seputar Selebritis), Gossip (diGosok makin Sip), Cek n Ricek, Kabar-kabari, Gondangdia (Goyang Dangdut ala India), Silet....weess..pokoknya semua berisi gosip seputar selebriti. Dari mulai bangun tidur hingga petang hari acara ngegosip ini terus berlangsung....dan menjadi salah satu kegiatan rutinitas para ibu rumah tangga disamping bebenah rumah hingga belanja. Bahkan acara belanja ketukang sayur menjadi bertambah seru ketika ibu2 mengeluarkan pengetahuan masing2 soal gosip para bintang pujaan.....jadi kalao sekali aja ketinggalan berita infotaintmen..wwooo....bisa kiamat serasa bagai ketinggalan kereta api....Padahal kalau diamati, setiap infotainment mengeluarkan berita yang kurang lebih sama lho...dan lagi... nggak bersambung!!

Suatu petang ketika suamiku telepon dari Yogya aku agak heran juga nggak biasanya ...." Lho kang...tumben sore2 telpon biasanya kan malem..." Dari seberang suamiku malu2 kucing menjawab.." he..he..gini lho nduk..aku cuma mau cerita..Mayangsari sedang nujuh bulanin.."....Hah??!!...artinya aku kaget dengan beritanya Mayangsari tapi juga terkaget-kaget welha....tumben suamiku nonton cek n ricek....dalam hati aku geli setengah mati...." abiss...setiap cannel TV yg aku pilih keluarnya infotainment...terpaksalah.." gitu katanya memelas..Yaah..jam 4 sore-an kan memang lagi seru2nya....

Aku terpaksa ngakak ketika anakku sulung datang kesini tiba2 ngomong begini..." Mah..percaya nggak si Cut Memey nyantet si Jackson Paranginangin juragan angkot di Bogor itu, tau nggak si ma beritanya..?'...HaH.??!!..."ha..ha..ha..kamu ini tau darimana Ca...prasaan kamu nggak suka nonton infotaintment..." Ternyata ada ceritanya...berhubung sebelum ke KL mampir Jakarta dan Indovision sudah dicabut jadilah tontonan yg ada hanya bolak-balik ke seputar infotainment.Dan ketika aku sebut mama juga tau balik dia yg kaget..HaH??.. "mama tau dari mana kan nggak ada infotaintment"...malu2 aku menjawab.."hik..hik.. mama kan suka ngeklik Detik Hot.." WWooooo......ha..ha..ha..ganti dia ngetawain aku...wah..isin!!

Beruntung sewaktu di Jakarta kami berlangganan Indovision sehingga ke 2 anakku yg hobi Nickelodeon agak terhindar dari bahasa2 heboh yang beredar diacara tersebut. Pernah suatu hari anakku bungsu tanya,,,"Mah temanku kok suka goyang ngebor...apaan sih..kata temenku gaya Inulitas.." Aku yang jarang nonton info2 macam itu akhirnya menemukan jawabannya juga...ternyata itu cerita inul sewaktu proses menuju naik daun...he..he..ada2 saja...

Karena ibu2nya hobi nonton berita2 artis...sianak juga pasti ikut2an...gimana gak ikut2an..." mama...mau makan...lapar..." hehh..nih anak ganggu aja...bentar lagi...tanggung nih..!!" Si anak yg disuruh nunggu akhirnya nongkrong juga di depan tipi...nah..akhirnya ketagihan juga. Keseringan nonton akhirnya anak2 jadi hapal istilah2 orang dewasa yg sebenarnya belum pantas diucapkan oleh mereka. Anak2 Sekolah Dasar kini sudah fasih bicara cerai, selingkuh, diduain, istri muda....wadduuhh...gimana nih!!

Tapi serba susah, karena banyak penonton dan meningkatkan rating... stasiun televisi menjadi tambah bersemangat dalam menambah tayangan serupa. Dari segi komersil memang sangat menggiurkan karena mendatangkan untung yang berlimpah dari segi pemasukan iklan, meski dampaknya sangat mengerikan terhadap perkembangan anak.Anak menjadi cepat dewasa dalam perkataan dan bertingkah laku yang mengagetkan.

Sebenarnya keadaan ini sangat urgent untuk ditertibkan tanpa perlu mempertanyakan siapa yg salah ..gara2 penonton banyak sehingga memperbanyak tayangan sejenis atau gosip yg disukai karena makin digosok makin sip....sehingga pemirsa semakin bersemangat....Tapi menurut pengamatan tayangan ini justru malah semakin menjamur, tanpa ada rasa bersalah produser tetap melenggang santai ....

1 comment:

Anonymous said...

Kluarga mbak enda seru amaat. Meriah diruma, kok bisa ya.