Sunday, March 19, 2006

Jam Kita..

gue juga baru tau...

Tik...tak...tik...tak...setiap langkah dalam kehidupan kita sehari-hari ini seperti stop watch yang selalu memperhitungkan detik, menit,,jam hingga tak terasa bulan dan tahun berlalu.Selama 24 jam penuh hari-hari kita dipenuhi kegiatan yang tiada habisnya, dari mulai bangun tidur hingga mata menggelayut lagi menandakan keinginan untuk segera beristirahat pada malam harinya.

Dalam ritme kehidupan ada saat-saat kita tertidur sangat lelap, ada saat kita terjaga, ada saatnya giat bekerja dan saat2 lainnya hingga menjadi sebuah ritme yang memperlihatkan bahwa manusia mempunyai kondisi berlainan pada jam2 tertentu.

Suatu saat ketika terjadi kemalingan pada malam hari dan tak ada satupun penghuni rumah yg terjaga...esok harinya pasti heboh, sang pencuri dituduh menggunakan ilmu sirep agar penghuni rumah tertidur pulas ketika maling melancarkan aksinya.Ternyata setelah dicermati ritme tidur pulas manusia adalah pukul 2.00 malam dan hal ini tidak disia-siakan para maling ...hingga mereka dapat bertindak pada saat yang tepat.

Sebelumnya aku selalu heran..kenapa tiap menjelang waktu subuh selalu terbangun karena merasa kedinginan sehingga rebutan selimut dengan teman tidur hampir selalu menjadi acara rutin. Ternyata terdapat sebuah pola yg menunjukkan bahwa jam 4.30 dini hari adalah waktu dimana suhu tubuh manusia menunjukkan angka paling rendah ....jadi gak heran....jika suhu kamar tetap tapi suhu tubuh menurun....ya pasti aja kedinginan....

Dinginnya pagi serasa menusuk kulit, badan akan terasa segar dan kantukpun hilang ...mengapa? karena pada pukul 7.30 pagi saraf otak akan menghentikan pelepasan hormon melatonin yang bertanggung jawab atas ngantuknya seseorang. Dan pada pukul 9 malam hormon ini akan aktif kembali sehingga menguap menjadi pemandangan biasa pada jam2 tersebut.

Meskipun berangkat pagi2 bukan berarti setibanya dikantor seorang karyawan akan segera 'on'. Begitu sampai dikursi kantor meraka masih merasa malas untuk mengerjakan tugas2 kantor sehingga chit chat, minum2 kopi, ngecek2 imil, buka2 berita menjadi rutinitas untuk memompa semangat kerja. Dan ketika jam menunjuk keangka 10 barulah keadaan menjelma menjadi jam sibuk yang menuntut konsentrasi kerja tinggi karena memang pada jam2 itulah ritme manusia dalam keadaan terjaga sepenuhnya.Hingga makan siang dan setelahnya kondisi tubuh dalam keadaan prima.Koordinasi tubuh, kecepatan reaksi, kekuatan otot dan kondisi jantung sangat efisien ketika diajak umtuk melakukan suatu kegiatan.

Tapi hati2 jika jam menunjukkan 6 hingga 7 malam....tekanan darah dan temperatur badan manusia mencapai puncak tertinggi hingga tentu saja menjadi mudah marah...weehh...selain kelelahan setelah seharian bekerja mungkin juga menjelang magrib yg kata orang banyak setan lewat..hiii.....

Menghitung hari detik demi detik....Jam biologi akan selalu menjaga otak dan tubuh kita untuk selalu menjalankan segala sesuatu sesuai dengan skedulnya.

No comments: