Monday, February 27, 2006

TTM-an

opini

Teman Tapi Mesra judul lagunya grup Ratu duo penyanyi centil yang salah satu personilnya adalah istri pentolan grup band Dewa ini memang sangat kondang di tanah air. TTM menjadi istilah yang sangat populer dikalangan orang2 muda terutama di Jakarta dan mulai merambah menjadi kosa kata baru bagi orang2 dewasa maupun oom2 genit. Penghalusan kata perselingkuhan dengan kata teman tapi mesra terasa lebih akrab ditelinga dan tidak menimbulkan konotasi kearah hubungan menjurus yang saru meskipun sebenarnya sama saja. Perselingkuhan memberikan konotasi hubungan lawan jenis dimana salah satu pihak atau keduanya sudah mempunyai pasangan, sedangkan TTM-an mempunyai konotasi lebih luas karena berlaku untuk yang sudah berpasangan maupun lajang.

Sebenarnya perselingkuhan atau TTM-an ini yang gimana sih...Apakah berjalan berduaan, nonton filem berduaan, telpon2an, makan bareng sudah termasuk kategori ber TTM ria....apakah hal tersebut nggak bisa dianggap just as friend titik ? Terlalu sulit untuk membedakan mana yang cuma sebatas teman dan mana teman tapi mesra karena keduanya hanya dipisahkan oleh selaput benang tipis.

Semua orang tahu perselingkuhan akan memakan banyak korban, kadang jiwapun melayang karena bunuh diri tak tahan menyaksikan pasangannya berselingkuh. Tapi sensasi hubungan ini mengalahkan logika dan akal sehat manusia sehingga kenikmatan ini selalu dicari walau apapun yang terjadi, bahkan bubarnya suatu ikatan yang sudah bertahun-tahun terjalinpun menjadi tarohan untuk mengejar deg2an nikmat ini.Memang hubungan sulit antar lawan jenis bagi yang sudah berpasangan akan memberikankan masalah serius dan lebih complex dibandingkan dengan hubungan para lajang, terlalu banyak manusia akan merasa sakit.

Pada umumnya dalam benak kita perselingkuhan atau TTM-an terjadi secara fisik artinya kedua manusia ini saling berjumpa,bertutur sapa, bergandeng tangan atau paling enggak bertatap mata dan sudah saling mengenal. Sedangkan untuk saat sekarang dimana tehnologi sudah sangat maju komunikasi tidak harus dilakukan secara face to face, sehingga arti perselingkuhan maupun TTM-an berkembang tidak hanya dilakukan secara fisik tapi bisa lewat imel, chatting, sms dsb.
Pada saat ini orang belum saling mengenal atau sudah kenal tapi tak pernah berjumpa, atau searching sehingga bertemu teman lama yang nun jauh disana TTMan pun bisa terjadi. Dengan saling melemparkan kata2 manis, curhat-curhatan, saling memberikan pujian, mengenang masa lalu, para cyber TTM tidak kalah yahud dengan para pelaku TTM sejati yang melakukannya secara fisik.Dan mereka akan mojok tanpa suara melakukannya dengan tenang tanpa takut diintip orang.

Interaksi manusia sudah sangat 'njlimet'. Kebutuhan manusia untuk terus berkomunikasi mendorong timbulnya TTM-an yang sekarang malah sudah menjadi trend dikalangan2 tertentu. Kehausan akan informasi dan variasi akan terus digali dari berbagai sumber akhirnya mempertemukan berbagai jenis manusia laki2 dan perempuan yang saling membutuhkan dan saling mengisi hingga berlanjut ke saling ketergantungan. Dari sini awal terjadinya....Teman Tapi Mesraaa.... tralalalala.....trilililili......

No comments: