Monday, March 06, 2006

OOhh..Keset !!

bahan renungan...

Keset...sebuah benda tipis berukuran panjang sekitar 75 cm dengan lebar 50 cm bisa bermotif bisa juga polos tanpa aneka variasi berwarna warni. Dari bentuknya yang tidak 'mbejaji' benda ini tampak tidak berharga meski dalam ilmu interior design menjadi bagian dari teori mempercantik tata ruang rumah.Apalagi dengan berkembangnya ilmu reka rancang yang memberi lingkup kerja lebih luas kepada para designer kreatif , benda ini menjadi suatu benda imut yang bikin 'gemes' para cuci matawan.

Thing.. thong.....!!.Coba ingat2 apa yang pertama kali dilakukan oleh seorang tamu begitu masuk rumah....yess!! apalagi kalau bukan menginjak keset sebelum ber-cipika cipiki (cium pipi kanan' kiri) dengan tuan rumah tanpa mempedulikan apakah si keset masih baru, cantik atau imut kecuali tamu pemerhati kecantikan home decoration....."eeehh...itu keset 'cute'-nya... beli dimana jeng..."..

Keset menempati urutan pertama benda2 yang paling banyak mengisi sudut2 rumah, tentunya setelah perabot dapur beserta tetek bengeknya. Meski cuma selembar bahan tipis, tapi kalau terlupakan...weh!! kaki terasa lengket...kadang telapak risi karena rasa kresek2 akibat pasir2 kecil atau debu2 yang menempel.

Terutama pada sudut rumah yang diberi label toilet...si keset adalah dewa penolong agar penghuni rumah tidak gampang terpeleset akibat cipratan air hasil dari hajatan atau upacara rutin yang tiap hari berlangsung. Meski handuk sudah sedemikian kesat mengelap kita, tanpa keset masih akan terasa basahnya...

Dulu...kira-kira 35 tahun yg lalu ketika jamannya aku masih senang main petak umpet, kebanyakan orang menggunakan keset yang terbuat dari sabut kelapa hasil usaha home industri yang banyak menjadi pilihan usaha masyarakat pedesaan pada waktu itu. Pada masa itu keset masih menempati fungsinya sebagi keset yang sesungguhnya, yaitu untuk mengelap kaki kotor dari kaki yang paling kotor sekalipun.Saat itu anak2 biasa bermain tanpa menggunakan alas kaki sehingga menginjak beling ( pecahan kaca) atau menginjak kotoran binatang adalah hal yang lumrah dan merekapun tanpa sungkan akan membersihkan kaki yang terinjak tai ayam diatas keset tanpa mencuci kaki terlebih dahulu.....bahkan diatas keset bertuliskan WELCOME !! Keset paling top saat itu.

Fungsi keset memang dianggap paling hina....diinjak!! Begitu pula pemikiran orang masa kini bahwa dijajah, disia-sia, dicuekin, dipandang sebelah mata, dipandang rendah dan juga dijadikan tempat orang buang marah tidak berbeda dengan fungsi keset yaitu diinjak.
Istri yang merasa diatas angin dalam sebuah keluarga akan bertindak semena-mena dalam rumah tangga bahkan seorang suamipun akan tunduk tak berdaya dihadapannya. Tau nggak apa yang dikoar-koarkan pada teman2nya...." Pokoknya..suami gue.... gue jadiin keset aja..ha..ha..". Seremnya...ada perempuan semacam itu....

Seorang pekerja kantoran nggak tahan sama keculasan dan kekejaman perkataan si bos akhirnya keluar dari perusahaan tempat dia bekerja, apa jawabnya ketika ditanya kenapa dia keluar dari perusahaan itu padahal salarinya lumayan ok ?...."Ah ..ngapain fulus gede kalo cuman dijadiin keset....!!" Lain lagi dengan jawaban temannya ketika ditanya punya bos gendeng kok ya masih betah aja...." Alaahh... kalo gue sih udah biasa jadi keset.."

Pengkesetan manusia atas manusia sama halnya dengan menginjak-injak kehormatan, martabat dan derajad manusia. Begitu seseorang sudah rela untuk diinjak-injak kehormatannya hal itu akan terus berlangsung tiada ampun hingga memberikan kesakitan yang teramat dalam secara lahir dan batin. Pengkesetan manusia tidak akan dapat berhenti dengan mengharapkan sebuah belas kasihan dari si pelaku kecuali ada keberanian memberontak untuk mendobrak pintu ketakutan guna melepaskan diri dari perbuatan yang menyiksa batin.

Keset..keset... !!
Kacaunya rumahku kalau tidak ada kamu....
Indahnya rumahku dengan kecantikanmu...
Tapi aku tidak akan pernah mau menjadi keset untuk keperluan mengelap kaki-kaki kotor serta diinjak-injak. Meski menjadi sebuah keset berbulu indah dengan design cantik....tapi kan tetap keset jugak... !!

No comments: