Thursday, November 02, 2006

Mobil, klakson dan rem

ndobos-ndobos ajah...

Dimana-mana kalau jual mobil pasti makan ati. Harganya susut jauh bo'....
Mobil baru kalau sudah dipake selama 3 tahun dipastikan harga jualnya berkurang sekitar 30 persenan. Hh...sebel!

Apalagi kalau mobilnya produk negeri Jiran bernama Proton....wadauw......harga jual bakalan mlorot zzauh hingga 40 persen. Wess jian...ngenyek bin ngeledek.... asli!! Weh..itu juga kalau kereta masih mulus nan alus lho...lha kalau sudah brocel-brocel...... yang beli pasti akan mikir panjang kali lebar lebih dulu. Padahal mobil kinclong tanpa cacat adalah sesuatu hal yang muskil di sini. Kalau diteliti pasti ada saja besotan n besetan bekas kesrempet, mlenyok dikit, penyok banyak, tai burung mengering yang sukar hilang, atau batu kerikil yang mental kebadan mobil akibat kepenyet ban sendiri. Hingga tekadang tiba-tiba terdengar bunyi ...gGlodagG!!...apaan tTuuH.....??
" Heh...paling-paling batu mencelat.."..gumamku....

Mobil lecet-lecet ini sebenarnya adalah hasil olah kelakuan para driver dan pengendara motor.Disamping pengendara mobil yang sering tampak tidak sabaran, kelakuan mat rempit (tukang ngebut jalanan) juga bikin deg-degan was-was bercampur dengan rasa kesal. Mat rempit ini emang hobi banget nyalip dikesempitan jalan antara 2 mobil sembari ngepot
alias nyalip sambil meliuk-liukkan bodi serta motornya, pokoknya nekat banget. Yang nyebelin terkadang mereka ngepot sambil memandang wajah-wajah pengendara mobil yang disalipnya,bahaya banget yak...nggak tau apa maksudnya. Saking geregetannya kadang aku pengen banget njenggung kepalanya...gemes gitu lho...Abis setang motornya itu yang sering mbikin mlenyok badan mobil...

Selain para pengebut motor jalanan tersebut, disini orang nyetir mobil nggak sesabar dan sehati-hati orang Jakarta yang terkenal lincah mengendalikan setir bundar itu. Bahkan dibanding sopir metromini yang ugal-ugalan pun bisa fifty-fifty nilai kengawurannya.Jadi meski kita mengendara mobil dengan hati-hati, jangan kaget jika menjumpai bemper depan atau bemper belakang besot parah padahal terparkir manis ditempat penitipan. Yess!! mau parkir masuk atau keluar yang penting belok....srrttt...kayaknya tanpa bumbu ati-ati....pokoknya waton alias ngasal!! nggak nengok-nengok tetangga sebelah...

Yang paling ngeri kalau musim liburan anak sekolah dimana kemacetan lalu lintas benar-benar surut. Bunyi cccCCiitTT......grobyakK... atau CcCiiTtt...tanpa grobyak, seringkali terdengar terutama di perempatan atau pertigaan lampu merah. Cerita mudik lebaran juga sarat dengan accident akibat kemantepan nge-gas dijalan bebas hambatan hingga serasa menjadi Michael Scumacher yang nyetir Ferarinya di sirkuit Sepang. Yah...mungkin niat mereka menjadi juru ngebut alias pembalap, tapi kurang tangkas padahal mereka juga paling nggak hobi ngerem. weh..weh..weh...

Jadi ingat sewaktu di Brunei. Penduduknya sangat sedikit, mobil yang lalu lalang juga sedikit sehingga jalan terasa sangat lebar dan memanjakan para pemilik mobil sport....wesh..ewesshh..eweshh...bablas angine. Yah begitulah yang dirasakan oleh mobil yang jalannya thimik-thimik, wushh...cuma terkena semburan anginnya...semilir bo'....
Yang mbikin heran, meski jalan luas ngablah-ablah kayak gitu lha kok sering terjadi kecelakaan. Sumprit!! Paling sering terlihat adalah mobil yang ngglewang alias ngguling sendiri tanpa ada musuhnya. Mungkin saking sepinya, hingga sopir terlena atau ngalamun padahal kendaraan sedang melaju dalam kecepatan tinggi

Balik ke negri jiran tadi.
Nggak seperti di Indonesia dimana para sopir kendaraan pribadi atau kendaraan umum yang rata-rata getol nge-din alias nglakson. Apalagi kalau sedang musim kampanye, heleh...heleh....
gendang telinga bagaikan tersengat lebah, bengkak akibat kebrebekan suara klakson kendaraan bermotor....din..din..din..din..dinn.....hidup Pak lik Kirun....hidup Pak Lik
Kirun.....din..din...din..din..din... Hidup....din..din..in...
Disini klakson nyaris nggak pernah dipencet bin ditekan, berat kali niyee....
Jadi jika sesekali ada seorang pengendara nglaksonin pengendara lainnya dijamin semua mata memandang kearah si penglakson, dijamin juga bakalan ada mata melotot segede jengkol dan mulut mecucu bak kerucut ngambeg.....weke..ke..ke...

Dari rembugan soal mobil yang mudah sekali babak benjut di negeri jiran ini, ternyata masih ada juga yang bisa dibilang awet dibanding mobil-mobil yang beroperasi di Indo,
1. Rem-nya, karena jarang dipakai sehingga sering terdengar bunyi ccCiitt....gGrobbyak...!!
2. Klakson alias bel yang jarang di pencet karena bikin naik darah.

Wah, instink bisnis jadi jalan nih.....Gimana ya kalau nanti jadi juragan rem dan klakson bekas di Pasar Rumput atawa Pasar Senen yang diiimpor dari sini.... kayaknya bakalan laku keras yak.....
HuH...!! dasar tukang ngayal......

7 comments:

joko said...

wah, lain lubuk lain pula ikannya. Kalo di Jogja malah jadi tren budhe itu yang namanya rem sama klakson. beberapa waktu yang lalu beredar semacam aksesoris yang disambungkan pada rem motor, sehingga kalo direm bunyi "sssssssssssss............." jalanan jogja jadi berisik bahkan ada yang nekat niru² pake mulutnya yang ikut "sssssssssssss.............". beberapa bulan kemudian sirna tren itu nah sekarang malah klaksonnya aneh². ada yang suara seperti mainan anak², sapi bahkan anjing. pernah saya papasan sama dua motor yang dinaiki anak sma yang ngebut sambil keduanya bunyikan klakson suara anjing "guk...guk...guk". lha saya kaget tak kira ada anjing kelahi di jalanan. Coba saja tanyakan pada putra budhe yang di jogja pasang hewan apa di kendaraannya? :D

dirac said...

Hwaduh, ha koq KL yo nggilani, Budhe. Ha tiwas kepikir luwih apik mbangane jogja.

Ely said...

aduh...mbak Laras, aku ngguyu mekekelen lagi baca postongan sampeyan diatas! lha wong cerita soal mobil kok bisa lucu seperti itu ya mbak...wah memang sampeyan hebat cara nulisnya, sambil baca aku sambil mbayangkan itu mobil, apalagi yg tiba2 ngguling sendiri walaupun jalanan sepi! ha..ha..ha. makasih ceritane mbakyu!

terus itu komentarnya mas Joko tentang klakson di yogya yg bunyinya guk..guk..guk...ha..ha..ha.. ngguyu lagi aku mbak, seneng dengar cerita lucu2!

elly.s said...

ha ha ha...tul banget. Di blogku yahoo360 aku pernah cerita tentang jalanan mulus mlys sini tapi tetep aja angka kecelakaan tinggi. Lha masa mas Bagonk gak percya lho mbak...katanya nggak nyangka orang malaysia tukang ngebut kekekeke...

amethys said...

ealah..tak pikir KL tuh LL nya teratur...ternyata koq banyak bekas "sembalap" nya juga yah???

Tanti said...

Mbak Laras,

Cerita mobilnya bener2 kreatif, ternyata Indo bukan satu2nya ajang mempraktikkan kelihaian mereka di belakang kemudi ya ... tapi mayan'lah nggak banyak denger klakson atau harus berulang2 mainin rem. Aku pribadi, kalau bawa mobil di Indo sekarang2 ini, pasti sudah keringat dingin ... tambah lagi posisi driver dan jatah jalan yang berlawanan ... hihihiii .. jadi inget, awal2 di sini malah terbiasa dengan waktu di Indo ...

Dari mobil lari ke kencur ... di sana ada yg segar nggak ya Mbak'e. Di sini nggak ada ... dulu pernah dibawain dari Indo, tumbuh segar tapi dibiarkan punah karena saat hamil H (8 tahunan yg lalu) baunya terlalu menyengat ... ehhh beberapa tahun belakangan mencari2 gak ketemu juga ... ihiksss !!!

Larasati said...

@ Joko, he..he..kok aeng2 aja to...anakku belom tahu je..tapi setelah aku critain dia malah pengen masang klakson bunyi orang wahing alias bersin..hHuuaaching!!...

@ Dirac, lha wong biasa ada balapan formula di Sepang.....ngaruh kali...

@ Mbak ely itu ceritanya tenin lho, nggak ndobos...

@ Mbak elly.s, apalagi kalo ajang formula 1 sedang berlangsung, orang2 yg mau nonton kesana semua ngerasa jadi Alfonso, Schumi, mc Claren lan sak panunggalane wwuussh......

@`Amethys, iya je..mbuh karepe opo..

@ Mbak Tanti, kencur seger buger banyak dijuwal disini..apa mau aku paketin bwat ditanam disana?