Friday, November 10, 2006

beda layaauww...

endog, anduk, sabun ndulit

Lain ladang lain belalang lain kandang lain hewannya.Maksude penduduk yang tinggal ditempat berlainan akan mempunyai perilaku dan gaya yang berbeda pula. Haiyak...mosok ya seragam, lha wong tinggal satu atap dan tidur di dipan reyot yang sama kayak aku dengan Kangmas Jogelem aja punya style pakulinan alias kebiasaan berlainan. Apalagi berlainan kandang.

Rumah tetangga pun kalau diintip juga pasti mempunyai perbedaan berbagai hal dan kebiasaan dengan rumah setiap orang. Mulai dari cara berkomunikasi sesama anggota keluarga, menu masakan kesukaan, hobi keluarga, tempat favorit piknik dan belanja hingga cara menemukan trik agar pakaian selalu terlihat rapi, bersih, kinclong plus harum semerbak .

Ada yang mengkonsentrasikan pembersihan baju diseputar lingkar leher karena emang biasanya dekil en de kumel , ada yang memusatkan penyikatan didaerah ketek alias daerah rawan bau, tapi ada juga pemerhati kantong baju tempat nangkring pulpen dan bolpoin itu. Yess!! Akibat ke kemprohan alias kejorokan si pemakai, kantong baju menjadi sasaran empuk untuk mengelap mulut ketika makan siang, jadi nggak heran layyauw jika seputar kantong menjadi pating clepret berwarna-warni antara merah kuning bumbu kari ayam sambel goreng dan biru dongker hasil dleweran tinta ndemblok karena lupa menutup ujungnya. ..weleh..weleehh.....
Makanya nggak usah tutup kuping jika nyonya boss melengking histeris...
"Inem! nyuci baju jangan pake mesin ya...nggak bersih!! listriknya juga borosss..!!" gitu teriak si nyonya.

Ngomongin soal adat kebiasaan jadi ingat acara mantenan binti kawinan. Diantara negara Indo, Malay dan Brunei, upacara kawinan di Indo lah yang paling meriah. Suerr!! pokoknya paling top markotop....dari soal hidangan, ubo rampe tetek bengek perhiasan, souvenir kenangan, gedungnya berikut dekorasi, hingga pager ayu pager bagus dan pager besinya.

Warga Brunei en Malay baik orang golongan paman Gober alias banyak duit maupun yang sedang-sedang saja biasanya menggelar acara resepsi kawinan dengan membuat tenda-tenda macam warung tenda semanggi untuk para tetamu dan hidangan prasmanan yang disajikan. Semuanya berkesan sangat bersahaja, jauh dari hiasan janur kuning apalagi taburan bunga melati yang harganya bikin mulut mlongo. Soal hidangan mentok-mentoknya rendang, kari ayam, lan sakpanunggalane yang rata-rata berbau empon-empon komplit-plit....wes jian ...mblenger kabeh! eneg bo'...

Ngasi souvenir juga nggak mumet kayak di Indo, karena biasanya satu sama lain pengennya berbeda..... jadi ya harus pake mikir dan menggali kreativitas.
Di Brunei handuk kecil seukuran anduk yang sering melingkar ditengkuk sopir bus Kopaja pun bisa dijadikan souvenir manten, tinggal dikasi tulisan Parni lope Parno...gitu aja. Meski nggak nyeni bin nyentrik tapi aku suka....bermanfangat gitu loh, bwat ngelap kringet ketika berolah raga.
Pernah juga mendapat suvenir kemasan cantik endog pindang plus tempatnya. Suvenir kok telor....wealah...jebul supaya cepet ngendog.....
Lha kalo dikampungku anduk plus endog asin malah dijadikan hadiah perayaan 17-an.......
Tapi itu dulu.....sekarang berubah, 17-an kemaren sabun cuci soklin, sabun ndulit b29, dan sabun mandi priti mendominasi setumpuk hadiah yang ada.

Welhadalah ndonya emang aneh....dimana-mana perbedaan selalu ada, lha kalo mau ngotot semua harus sama malah bikin mangkel dan akhirnya malah ribut yang bisa bablas menuju perpecahan... mak kKrompyang..!!

14 comments:

dirac said...

mangkanya Budhe, yang mau kawin di Indo jadi mikir, dhuwitnya nggak cukup buwat ubo-rampe yang nggedabyah itu. Pindah KL we...

venus said...

ooo...bagus juga ya. boleh tuh nanti kalo aku wis wayahe ngunduh mantu, souvenirnya ndhog asin wae biar irit, hehehe...

amethys said...

di ndesaku disini malah ngga ada souvenir2 gitu...
pas summer kemaren aku malah diundang perkawinan ala "hippies" lah wong menikah make baju ala kadarnya di pantai ...he he he..kayanya soal pesta pora..Indon masih nomer satu....(negaraku seh...:p)

arief fiadi said...

Yup pesta pora warna warni sampe hal yang paling njelimet yah adanya di Negara Indonesia plus juga ruwetnya urutan totokromo yang nda boleh ketuker.com alias nda urut. Katanya sifat manusia tergantung masakan yang dibuat ... nah liat aja bagemana meriahnya masakan Indonesia :)

gita said...

wealah aku prnh dpt souvenir kawinan duit 100 perak yg gedhe itu 3 biji dibungkus sedemikian rupa dikasih pita..opo ora aneh maneh

endangwithnadina said...

Iya iya...emang di Indon ini semua serba rumit, jadinya kalo ngundang kawinan ndadak, yg diundang malah bingung...lha kok iso? wah...kok tulisannya rada nyerempet tulisanku tho, soal kawinan...

elly.s said...

mbaj aku yang di terengganu apa lagi kekekekekekk...
Pernah kita udah cantik2 n ganteng2 datang pake kebaya n batik, tapi makanan malah cuma ditarok diatas meja prasmanan panjang yang dialas koran...wadhuuuhhh.
Tamu juga harus kreatip sendiri ke meja kalo mau makan. Sementara kita terbiasa duduk dulu n nanti kalo udah dipersilahkan baru makan...
Lha...1/2 jam nunggu gak ada yg ngeladeni...ha ha ha beda laayaauww!

[ K ] said...

kapan yah giliran saya ??

kenny said...

salam kenal dulu ya mbak, walah gak rugi bgt wes nyasar ke blog nya mbak laras...bikin perut kaku. Jadi inget waktu pertama kali kondangan dirumah temen eh..sini dandan nya necis dari ujung rambut ampe jempol kaki...gak tahunya tamu2 yg laen cuma pake baju oblongan aja..wah 'n memang dpt kembang ndog jg huehehehe, btw aku di penang mbak.

Larasati said...

@ Dirac, haiyak...sebenarnya duik segitu banyak sayang bwat dombyeng-dombyeng, mending buat nDePein beli rumah ya..

@ Venus, nanti aku nyumbang endog asin sak tenggok mbak buat suvenir

@ Amethys, nah kalo kawinan model gitu sederhana banget ya mbak...irit pol!!

@ Fiadi, kalo dirumahku seringnya masak oseng-oseng, kira2 gimana ya sifat manusianya..:=)

@ Gita, weh..malah nyentrik lho blom pernah ketemu suvenir model begitu...

@Endang, maksude bingung mau nyumbang apa mbak.....

@Elly.s, mbak itu koran maksude buat mbungkus dibawa pulang biar cemepak..

@ K, kudoakan supaya cepat dapat giliran...amien...

@ Kenny, salam kenal kembali.. toss dulu sesama penghuni negri jiran..sering2 mampir ya mbak...

Ely said...

karena berbeda itulah, dunia jadi indah ya mbak; coba kalo semua punya adat istiadat yg sama, apa ndak boring....

Met wiken Mbak Laras.

Tanti said...

Membenarkan komen Ely, keberadaan membuat dunia menjadi indah ... dalam lingkup kecil membuat setiap individu unik dengan talenta mereka. :)

Mbak ... hadiah tujuh belasan telur asin ? Kalau pinangnya rendah, kasih tahu yaaaa ... biar manjat dan keplesetnya nggak lama ...

Tanti said...

*edit*
... kok keberadaan, maksudnya 'perbedaan' ... hihihiiiiii ... apa khabar Mbak ? :)

Larasati said...

@Ely and Tanti
Benul banget mbak, perbedaan membuat dunia lebih berwarna-warni nggak cuma kayak potret item putih. Ceria n menambah semangat hidup.