Sunday, January 14, 2007

gara-gara monyets....


Cerita seputar urusan rumah tangga emang kagak pernah ada habisnya, terutama soal asisten alias juru bebenah rumah. Untuk keluarga kecil seperti aku sebenarnya nggak perlu-perlu amat untuk mempunyai asisten yang harus tinggal dirumah. Yah...meski menyapu halaman memerlukan kerja extra dan lumayan sukses dalam menghilangkan tetelan diperut, tapi aku rasa tukang kebunku lebih mantap dalam proses cukur mencukur rumput serta penggundulan pohon hingga sedep dipandang mata. Makanya untuk bebenah dalam rumah semestinya tenaga part time yang datang 3x seminggu aku rasa sudah akan membuat suasana rumah menjadi kinclong, lha wong nggak ada anak kecil. Tapi gimana yah...nggak perlu tapi perlu jugak!!

Ah! perlu banget kok terutama itu lho.... gara-gara rumahku bertetanggaan dengan keluarga monyet yang selalu setia mampir ketempat sampah mencari cemilan manusia, padahal juru bebenah sudah membersihkan sampah serapi mungkin...yah jadinya amburadul lagi.. amburadul lagi...
Herannya, monyets-monyets ini nggak kapok datang ketempatku padal aku sudah mengeluarkan sumpah serapahku sambil methentheng dan mendelik sekalian melet-melet....dasar monyet loe!!

Karena kabar-kabari soal kebutuhan pembantu sudah tersiar maka suatu hari ada sms masuk, ternyata seseorang ingin datang kerumah untuk melamar menjadi pembokat atas pemberitahuan kenalanku. Dari caranya membuat kalimat melalui sms tampaknya seseorang yang berpendidikan, kalimatnya panjang dan runtut.
Keesokan harinya bel dirumah berdering, seorang wanita muda membawa tas cangklong besar , bersepatu hak tinggi dengan berkaos dan bercelana ketat serta berkacamata datang mengenalkan diri bahwa dia adalah cal-pem yang melamar pekerjaan. Mmmm....keren euy!!
kayak ibu-ibu muda yang njemput anak disekolah.

Dengan gaya bicara yang tangkas dan penuh percaya diri si mbak bercerita kalau dia biasa menjadi tenaga kerja temporer dirumah-rumah orang putih alias bule bin londo dengan gaji 1500rm-2000rm setiap 3 minggunya. WaaooW!!..... itu sih daily rate bo'....
"Wah..kok mahal amat mbak, teman2 saya nggaji juru bebenahnya 600 rm sebulan lho.." kataku semanis mungkin.
" Kalo ibu mau yang 450an rm, 5ratusanan rm, atau nyeng 6ratusan saya bisa nyariin bu, bukannya saya nyombong ya bu....kalau saya memang sudah berpengalaman jadi nggak bisa dibawah 1000rm, lha itu pekerja part timenya ibu sehari dibayar berapa bu?...." tanya dia tanpa sungkan-sungkan..
Weleehh...diamput!! mbalah genti mewawancara calon mamah boss.....
" sehari penuh saya kasih 50rm mbak..." gitu interviuwnya kujawab dengan lemah lembut...
" woo..murah itu bu, biasanya sejam antara 15-20rm lho bu..." sahutnya menggebu-gebu...
"ooo..gitu to mbak....lha wong itu katanya pasarannya memang segitu...".....kataku...
" Ya sudah bu....saya ditunggu taxi, kalau ibu berminat hubungi HP saja.....saya on call 24 jam, permisi buuu...." buru-buru s mbak berlari-lari kecil menuruni tangga menuju taxi yang siap menunggunya didepan pagar rumah.

Weleh...weleehh...ternyata komoditi ekspor bernama TKI ini sebenarnya mendatangkan fulus lumayan gede meski masih kalah dengan tenaga India dan Philipine yang rata-rata fasih berbahasa Inggris. Lha kalau punya kepinteran lebih tentu saja rate nya berbeda dengan yang biasa-biasa saja atau malah masih plonga-plongo meski katanya sebelum dikirim keluar negeri diberikan keterampilan cara mengoperasikan mesin cuci serta alat-alat rumah tangga lainnya..

Gimana nih.....enaknya si mbak diterima atau enggak untuk menjadi asisten juru bebenah plus koki masak dirumah?......

13 comments:

Anonymous said...

Ampuuuun deh mba....mahal amat yak...daku aja deh yg ngelamar....huehehehe....tp kerjanya nyambi renang yak...wakkekeekek

Anonymous said...

weks..muahil, wah udah keduluan jeng nila neh mo nglamar jg :D
sini 5 jam=rm80.
monyet2 e lebokno karung buang kali mbak

Anonymous said...

monyet2nya itu lagi nyari pisang ya, Budhe? xixixi...

Anonymous said...

jangan diterima, mbak. jangan di trima. kalo yg kecentilan suka pake hi heels malah curiga aku. jangan-jangan...hayaaaahhh, parno !! heheheh

Anonymous said...

Aku melu nglamar he.he..

just Endang said...

biasane nyang begitu itu suka ngengkel kalo dibilangin,malah makan hati...trus jadi nyari teh botol dong abis itu...malah keluar ongkos lebih tho?

mei said...

halah..dirac ki yen karo pisang ko seneng banget ya..kasimannn deh, pisang mahal yo di sana..hihi

Anonymous said...

wahhh kalo di dunia monyet mereka ga tersinggung mbakyu dikatain "dasar monyet loe"

tapi kabarnya dikalangan mereka cara mencela paling kasar tuh "dasar manusia loe !!!"
(tentunya dalam bahasa monyet lho mbakyu hi hi hi)

Anonymous said...

loh mbakyu sudah kembali ngeblog tow rupanya, kangen akuww...

weleh gaji asisiten rumah tanggane larang men kuwi mbakyu...nglamar dunksss

Tanti said...

Boleh ikut ngelamar nggak Mbak ? ;)

Di sini nggak mungkin meski'pun yang hanya datang beberapa jam perhari ... muahaalll rek !

Gimana cerita perjalanan dan wisata culinarynya ? Miss you too' ... so very much !!!

elly.s said...

Dear mbak laras: What????Rm 1500?? tak payah deh...
Nggak tahukah ada yang gaji pembantu Rm. 400 aja masih disuruh mbeli sampo n odol sendiri he he he kejem amat yak...
Btw kalo rm .500/600 boleh lah...
kalo part time dikerteh ini cuma Rm 25 lho, cuci, nggosok, ngepel n nyikat kamar mandi...
Pindah kerteh?

Vina said...

Masya Allah *nepok jidat* mahal amat yaa?? Itu mah sm dgn gaji fresh grad di Jkt kali yaah?? Bnr yah, dipkr2 jd TKI emang pahlawan devisa.. :]

Anonymous said...

memangnya di dekat rumah sampeyan zoo tho mbak? kok banyak monyet?