Wednesday, January 17, 2007

aku duwe pitik cilik


Plis deh ah!!......

Aku duwe pitik cilik wulune brintik

Cucuk kuning jengger abang tarung mesti menang
sopo wani karo aku mungsuh pitikku

aku punya ayam kecil bulunya kriting
Paruh kuning jengger merah bertarung pasti menang
Syapa brani dengan aku musuh ayamku.
(kalo diterjemahin jadi kurang sedep bo'...)

Sejak jamannya simbahku dulu lagu 'aku duwe pitik cilik' memang ngetop markotop. Di Jawa lagu ini diajarkan turun temurun sehingga wektu aku masih duduk di bangku SD bisa dijamin semua wan kawanku mengenal lagu ini. Bahkan mungkin sejak bayi lahir ceprot para orang tua sudah mulai rengeng-rengeng lagu ini, sehingga pas si anak sudah mulai lancar berbicara dan mulai bisa bernyanyi mereka akan dengan mudah mengingat syairnya...jreng....!!

Pada masa itu lagu ini menjadi favoritnya anak laki-laki. Dengan berlagak gembelengan alias sok jagoan mereka menyuarakan lagu itu penuh semangat 45, bersuara keras dan ngotot sampai urat leher tampak prengkel-prengkel. Lirik lagu ini memang memberikan sugesti keberanian en kegagahan pada si anak meski mengandalkan ayam sebagai tamengnya.

Ini cerita tentang seorang teman.
Saking ngefans berat pada lagu tsb. atau saking nggak punya koleksi hafalan lagu, kangmas ini selalu mengandalkan lagu aku duwe pitik cilik disetiap kali pengambilan nilai seni suara. Lha wektu masih duduk di kelas 2 SD bisa menyanyikan lagu dengan hapal meski dengan gaya pas-pasan, seorang guru pasti akan manggut-manggut sambil mlintir jenggot menyaksikan anak didiknya sukses menyampaikan sebuah lagu hingga selesai tanpa keseleo. Wah..keren gitu loh....!!

Pada saat kelas 4 SD ndilalah si kangmas ketemu dengan guru seni suara yang sama. Nah kembali tiba giliran pengambilan nilai ....weladalah!!...lagi2 lha kok nyanyi aku duwe pitik cilik .. Mmm...tapi pak guru sepertinya masih mau bertenggang rasa en no comment meski pasang tampang garing tanpa mesem bin senyum. Tapi aku yakin beliau pasti mbatin,
" Walah...ini lagi..ini lagi...Plis deh!!

Koleksi hapalan lagu hingga kelas 6 SD masih juga belum bertambah, lha kok ndilalah ketemu lagi dengan guru seni suara dari kelas 2 dan kelas 4. Betul juga dugaan pak guru, giliran pengambilan nilai seni suara si kangmas dengan tersipu malu-malu membuat lagu aku duwe pitik cilik kembali bergema di kelas, dan kali ini dengan menampilkan gaya yang ngepol tuntas!!
Tapi sayang pak guru menginterupsi....sik..sik..sik...mandeg le....
" Lho kenapa pak guru....?" tanya si kangmas sok innocent..
" Kamu itu lho... kelas 2 nyanyinya aku duwe pitik cilik....sampai kelas 6 SD kok ya masih aku duwe pitik cilik. Mosok udah 4 taon ayammu nggak gede-gede sih..?" tanya pak guru...
" Aaahh..pak guru ini ndagel....plis deh pak!!
weleh..weleh..si kangmas mbalah cengengesan....

Dasar anak-anak.... mereka begitu polos serta lugu, sama sekali nggak memikirkan apa yang dipikirkan orang dewasa terhadap dirinya apalagi sampai kepikiran menilai orang lain.

19 comments:

bu guru said...

pitikku wulune ora brintik mbakyu, wes tak rebonding...:D, prasaan koleksi lagu boso jowo pancen sdikit banget yo yu

kenny said...

kangmas'e bapak'e bocah2 po mbak?? klo iya..pliss deh mbak...diajari nyanyi :D

elly.s said...

dear mbak laras: walw bukan wong jowo aku yg bersuamikan purworedjo asli mesti ngerti lagu ini n bisa ngebayangin betapa sok jagoan n bangganya yg mbawain lagu ini...
Yah...kalo jaman saya seolah2 lagi nyanyi lagu "aku seorang kapiten " gitu lho mbak...
Btw, Kl mana toh mbak alamatnya? ntar saya mampir boleh nggak?

pitik kampus said...

Saiki pitik jadi penyebar flu burung. Dadi lagu kui yo bakal dilarang (be'e) beredar. *halah komen e ra mutu*

Muhammad Mufti said...

Itu lagu masa kecilku, aku sering muter kasetnya. Sekarang kasetnya masih ada dan diputer lagi juga masih bagus...

Larasati said...

# bu guru, lagu anak2 boso jowo sebenarnya gayeng lho...contoh gundul2 pacul sederhana tapi mbikin gembelengan.Tapekno jumblahnya emang sedikit ya..

# Kenny, bukan bapake bocah2 kok Ken..kalo dia favoritnya lagu jago kluruk..

# elly.s, kalo gitu mbak elly ini sudah njowo ya...
Jadi ingat waktu TK...aku seorang kapitan...

Alamatku, 4778 Jl. Teberau 1 Ukay Heights Ampang KL. Dekat banget dengan klub darul ehsan sekitar2 situ deh...bener ya mampir tak tunggu....kalau udah oye nanti aku
kirim no.hpku....

# pitik kampus, wah ciloko pitik dilarang beredar bahkan di kampus sekalipun. :P

# mufthi, wah itu kalu temanku tau kasetnya bakal diborong..dijual dimana?

danudoank said...

aku ora duwe mbak :d. masih top markotop ya lagu ini. si bocah itu fans berat atawa gak mau nyanyi lain atawa gak ada referensi lagu lain atawa, halah, kebanyakan atawa yak...

Ely said...

pithik cilik sobo kebon yo mbak?

seneng iso ngguyu maneh moco postingane sampeyan ^_^

joko said...

wah, aku kok rumongso rung tau krungu yo, wah apa "udah lupa tu".
lagu favoritku mas kecil :

aku due adek cilek
tak lingguhne dingklek
tibo njempalik
wudele totol pitek

artinya:
aku punya adik kecil
aku dudukan di kursi kecil
jatuh terbalik
pusarnya di patok ayam
* emang ga' enak bahasa jawa di terjemahkan

budhe ada pertanyaan klasik!!
*bhs indonya "kunduran trek" apa budhe
:d

dirac said...

wah, itu lagu favoritku jaman masih umbelen, Budhe..

Larasati said...

#danudoang, duwene pitik rebonding ya...

# elly, mbak setelah liburan rasanya aku kok mbalah jadi methentheng serius ya, opo mergo banyak urusan gak tau...
Mau nulis yg agak ndagel kok belum keluar moodnya...

# dirac, weleh...disetiap generasi kok lagunya masih tetep lestari ya...dan mesti ngetopnya dijaman masih umbelnya dleweran belom bisa nyosrot sendiri ...

Larasati said...

# Joko, wah itu lagunya udah dimodif jok...jamanku juga juga udah ada modifikasinya itu...:)

kunduran trek boso indonya mampus alias meninggal lha wong keplithes ban.... kalau masih hidup brati wong sekti iku...

bebek said...

minta satu dong anak ayamnyaaaa... :d sing wulune ndak brintik tapi mbak... :p

Jauhari said...

Aku yo duwe bu' :D

Jack Bauer said...

Iki pas neng Yogja wingi pethukan karo sing nyanyi kuwi tho mbak? Kok yo kelingan wae tho njenengan iki...heheheh.

Lo,mbak...lha niku blog everything rak mpun dangu tho gantos kulite....

http://endangcinta.blogspot.com

Anonymous said...

'pitik cilik' sama 'sluku sluku bathok' . eh, itu lagu dolanan. beda gak sih?

iki venus. koneksi ajur mumur :P

Tanti said...

Hihihiii ... jadi inget juga cerita yg selalu menyanyikan lagu 'gundul2 pacul' setiap saat ... sekalinya diganti dengan 'Halo-halo Bandung' ... nadanya tetap sama. :)

Cah cilik memang polos, tapi bisa membuat malu orang tuanya, anak2 sering, bahkan baru kemarin di groceries store R tanya aku di depan orangnya, "Is that guy black, mommy ?" *gubraks*

tata ndablegh said...

punya koleksi lagunya ga? kalo mau bisa ambil di octa55.multiply.com

yudhistira said...

Nha iki sing tak goleki mbak..anakku seneng banget je tak kudangke lagu iki..