Tuesday, October 17, 2006

Untung simbahe ngeblog...

menyambut lebaran....

Banyu miline mengisor (air selalu mengalir turun kebawah) begitu simbah kakungku sering sekali ngendiko mengenai masalah ini. Maksud beliau kasih sayang akan selalu akan tercurah dari satu generasi tua ke generasi berikutnya dari orang tua keanak-anaknya berlanjut ke cucu-cucunya dimana dalamnya perasaan cinta tersebut tidak akan dapat menyamai cinta kasih yang diberikan oleh seorang anak kepada orang tua atau cucu kepada simbahnya.. karena gak mungkinlah air kok mengalir keatas. Bahkan saking sayangnya, terkadang anak sudah mentas alias sudah menikah dan mulai tuwek mlekek oleh ortu masih dipandang sebagai bocah ingusan yang kiut dan imut.

Lebaran sudah dekat ritual mudik biasa dilakukan, tapi beberapa orang tua ada yang bersedih kesepian disebabkan buah hatinya tidak bisa pulang karena sibuk sendiri dengan anak cucu.
Nah..pada saat seperti itu biasanya simbahku akan nggreneng.... "banyu miline mengisor"......

Punya anak yang sudah beranjak dewasa kayak aku begini sebenarnya sudah berlatih menjadi orang tua seperti simbahku. Berkutat dengan kesibukan nyebokin, mandiin, ndandanin dan nyuapin sudah lama berlalu berganti dengan pengawasan dan pengendalian anak menggunakan sistim tarik ulur seperti layangan. Namanya anak jaman sekarang kalau terlalu didikte alias dicekokin ini itu yang menjadi obsesi ortu, pasti akan marah dan malah akan menjauhkan hubungan ortu dengan anak.

Gimana nggak berlatih jadi simbah.....Dulu pulang sekolah si kecil harus dijemput, diganti bajunya, disuap serta lala..lili..lainnya, sekarang tau-tau sudah jlug muncul didepan rumah dengan van sekolahnya. Uncluk-uncluk masuk rumah.... dan bBrug!... tas dilempar dipojokan kamar, sedangkan sepatunya.... ndlosor kekolong ranjang.....ritual selanjutnya..
"makannya apa...?"
Hmm...dalam diam dia asik makan kemudian setelah itu balik ndlesep kekamar lalu ketawa ketiwi sendiri didepan komputer hingga suatu saat pernah penasaran lalu aku intip....
hhH!....jebul chatting !!
Wess... pokoknya simbok dianggap tali jemuran kecuali ada hal penting yang harus disampaikan....dasar anak ABG!... emang sedang bodong-bodongnya.....

Lebih-lebih kalau mikirin si sulungku yang sejak SMA udah pisah sama ortu dan sekarang ikut eyangnya ngangsu kawruh (kuliah) dikota Jogja. Weleh..weleh..sibuknya ngelebihin juragan angkot...apalagi nanti kalau punya keluarga sendiri....wah bakalan kayak simbah juga....

Jadi nggak berlebihanlah kalau daku dibilang latihan jadi simbah yang terkadang suka thilong-thilong memelas....cuma bedanya..... simbah sekarang punya hobi ngeblog...wakaka..ka..ka....

15 comments:

venus said...

wakakaka...kita senasib, jeng..anak2 jaman sekarang, aduuuhh..

yaah, mari kita menghibur diri dengan macem2 kesibukan, koyo tooo...ngeblog..:D

lho, mana lay out barunya? kan udah dikasi linknya

Muhammad Mufti said...

Sulungnya kuliah nang Jogja to, kuliahe nang kampus apa Mbak...?

Anonymous said...

wah neli juga rupanya

endangwithnadina said...

Wah...bentar lagi aku mulai kayak mbak Laras nih...anakku mulai ABG..yo wis, kita ngeblog terus pantang mundur ya mbak...

Larasati said...

@ venus, pengennya ndang ganti lay out..tapi ada yg minta diduluin..hiks..bikin kue lebaran..

weehh..tapi kebanyakan ngeblog bikin nggak sekseehh...
http://yuenda.blogspot.com/2006/07/kebanyakan-ngeblog-bikin-nggak-seksi.html

# Mufti, ngangsu kawruhnya di kampus mbulak sumur tetangganya gudeg Yu Jum..

# anonim, baru latihan jadi neli kok...

# iya jeng Endang...maju terus pantang menyerah..(maksudnya kalo ganti templatenya kerepotan pantang menyerah gitu loohh..)

Joko said...

Budhe, lha kira² kalo anak muda sekarang saja sudah kaya begini, trus anak muda jaman besok kayak apa ya?

Wah aku mumet le mikerke dadi wong tuo jaman besok,

Jauhari said...

He hee... Belajar tiada akhir

Larasati said...

# Joko, nggak usah mumet mikirke anak muda jaman mbesuk....paling-paling tambah methakil.. :)

# Jauhari, kata gurunya pak guru belajar memang tiada akhir, nek boso londonya Life long education.. :)

Ely said...

ngeblog memang asyik ya Mbak, saya sampai melupakan kebon tahun ini gara2 ngeblog!..hi..hi..hi..

dirac said...

Anjing menggonggong, Budhe Laras tetap ngeBlog ..xixixi...

Nggak mudik, Budhe?

Linda said...

salam kenal budhe Laras :)

tulisannya nyenengkeh tenan

Larasati said...

# Eli, wah sama mbak 3 bulan trakir ini hobi yg lain jadi keteteran..abis selain nulis jadi pengen blogwalking jugak biar nambah teman..hi..hi..

# Dirac, Lho..lho..yg nggonggong anjinge sopo yo..?

Wah tahun ini gak mudik...
tapi lebaran ini budhe mbikin open house lho..kalo mau datang silahkan.... :)

# Linda, salam kenal kembali terimakasih sudah mampir di blognya Budhe Laras..sering2 ya...

amethys said...

hehehehe aku ngakak sendiri baca blog ini....walahhhh temenan aku tertawa dewe....didepan kompi....:))

Mbah Dipo said...

ternyata ada juga simbah lain yang seneng ngeblog selain Mbah Dipo...

Mbah Dipo said...

ternyata ada juga simbah lain yang seneng ngeblog selain Mbah Dipo...