Friday, October 20, 2006

lebaran..yok lebaran...

dug..dug..dug...

Tinggal sedikit hari lagi kita berpuasa, bulan Ramadhan akan segera berlalu menyusul bulan Syawal bersama harapan untuk kembali menjadi fitrah. Yess!! Hari Idul Fitri menjelang tiba, kesibukan menyambut hari kemenangan pun sangat kental mewarnai suasana kota Kuala Lumpur. Lampu-lampu berbentuk ketupat, bulan dan bintang sudah terlihat pating grandul disepanjang jalan menambah kentalnya nuansa lebaran di malam hari.

Seperti biasa pertokoan, super market, pasar tradisional diserbu pembeli yang memborong belanjaan sampai bertroli-troli. Kebiasaan open house di hari lebaran barangkali yang mengharuskan mereka untuk membelanjakan uangnya sedemikian banyak makanan dan minuman yang pada akhirnya akan kebuang juga di closet.... upst! atau mungkin juga kebutuhan mereka emang banyak karena mempunyai keluarga besar...
Disaat shoping menjelang lebaran begini, jangan heran kalau ndilalahnya kita bertemu dengan wanita-wanita yang menggunakan perhiasan emas sampai debyeng-debyeng segede-gede rantai kapal...weleh..weleh..
Dulu pertama kali melihat aku sampai sumlengeren bin mlongo hingga diam-diam terus menengok kearah wanita si toko emas berjalan itu sampai leher kaku dan lupa dengan belanjaan...mcck.. norak banget si gwe!

Kesibukan di kantor pos pun nggak kalah heboh, semua orang kemrungsung untuk mberesin tugas bayar-membayar keperluan harian rumah dari bayar listrik, telepon, perpanjang sim, dan kirim kartu ucapan. Kemaren ngambil tiket buat ngantre bayar road tax alias pajak kendaraan bermotor dapat nomor 483...wwuihh masih zauh bo'...untung ngantrinya sambil duduk. Ngantri 150 nomor bukan sebentar lho.....bisa sak 'ler' an, malah sampai ber ngiler-ngiler seperti bapak disebelah tempat dudukku. Padahal bisa ajah aku tinggal blanja ke Carefoure yang berada dalam satu bangunan, tapi ogah ah! mending duduk manis sambil menikmati rasa kantuk dan 'leerr'....

Disini lebaran ditetapkan Selasa tanggal 24 oktober sesuai dengan kalender yang ada, dan kata bakul ayam dan bakul-bakul yang berdagang di pasar Datuk Kramat, harinya lebaran di Malaysia selalu sesuai dengan tanggalan yang sudah dibuat oleh kamarintah, jadi belum pernah terjadi perbedaan pendapat dalam penentuan hari raya.

Di Indo malah ada 2 pendapat masalah kapan 'Bakdo deng' nya, bisa 23 bisa 24...gitu kata orang-orang. Lha kayak aku begini yang nggak mudeng/paham masalah itungan hisab, hilal dan rukyat...helehh...helehh...jadi bingung.....tapi meski bingung, tetep nggak mau kalau disuruh ndodok alias jongkok.....

Kalau gitu aku pilih lebaran tanggal 23 ajalah meski nggak sholat Ied...abis kalau ngikutin kalender sini puasanya masih sehari lagi sih......wwaaa.....

Akhirnya......

plak.. dung... plak...bunyi gendang bertalu-talu...
Dug..dug..dug...suara bedug menderu-deru...
Wuss..wuuss..wus..dihembus angin terdengar sayup-sayup...
Meninggalkan Ramadhan dengan penuh rasa haru..

Cap..cip..cup...pilih-pilih hari apa..
don wori lebaran tetap datang jua....
Tu..wa..ga..saya ingin mengucap sepatah kata..
Selamat Hari Raya,
Mohon maap lahir batin jika ada salah komentar dan bahasa...

12 comments:

Anonymous said...

nomer satu !
gambare mana budhe ?
eh maaf ... maaf .. !

dirac said...

Badhe sungkem, Budhe. Ngaturaken sugeng riyadin. Sedoyo kalepatan nyuwun agunging pangarsami.
Selamat Idul Fitri 1427H. Mohon maaf lahir dan batin.

Ely said...

Mbak Laras.......template barunya bikin ngiler nih...ada untaian kue2 kering lagi (hiks)

Sama2 ya Mbak, mohon dimaafkan kalau selama ini ada salah kata ato komentar, pokonya lahir bathin ya Mbak. Met Lebaran!!

endangwithnadina said...

Minal aidin wal faidzin,maaf lahir batin ya mbak...kali2 aja ada salah2 kata...

Larasati said...

@ anonymous, budhe males je ngupload gambar..nanti kalau lagi bolong ngupload deh...

@ Dirac, sami-sami menawi budhe wonten lepat ugi nyuwun pangapunten

@ eli, silahkan kue2 keringnya dicicipin...sengaja buat nyuguhin teman2 yang mampir...mau teh apa kopi jeng.. :)

Met lebaran jugak mbak Eli...maap lahir batin

@ Endang,sama2 mbak Endang..maap kalau ada sale-sale kate...pokoknya kosong-kosong ya.. :)

elly.s said...

lam kenal mbak..
saya juga duduk malaysia..tapi diterengganu...

Perbedaan lebaran biasalah mbak...perbedaankan anugerah..Saya juga lebaran hari ini..tapi sholat iednya besok...
Nggak pulang mbak? KLnya dimana? wah sori banyak banget pertanyaannya..
Maen keblog saya...

amethys said...

he he he....saya minta es campur saja...(asal jangan campur lumpur di kuali..eh kuala)
maaf lahir batin.....hari ini saya juga lebaran..(tgl 23 oktober...) yuhuiiii....plong...lega...puasaku rasanya lebih baik dari th kemaren....

Larasati said...

# eli.s, lam kenal jugak..betul mbak,perbedaan nggak masalah malah jadi berwarna-warni dan tambah asik.

Klnya di Jalan Jelatek Setiawangsa, kapan2 kalo ke KL ketemuan n mampir ketempatku ya.. :)

iya nih, sekali-kali nggak pulang...

# amethys, mau es campur apa..campur opor ayam apa campur sambel goreng nih... :)

Budi Maryono said...

Lam kenal, Jeng... Moga Lebaran di tanah seberang tambah bikin kangen "kampung halaman".

joko said...

Sugeng Riyadi 1427 H njih budhe. nyuwun panganpunten menawi wonten salah²ipun. Mboten kondur dumateng Jogja budhe?

Larasati said...

@ Budi Maryono, salam kenal jugak..:)
Kalau nggak pulang memang bikin kangen kampung halaman, terutama ketupat bikinan ibu...

@ Joko, Waduh...sugeng riyoyo dik Joko,semanten ugi budhe...menawi lepat nyuwun ngapunten...

Rencana Desember badhe dateng jogja..dados lebaran wonten mriki kemawon....

Tanti said...

Mbaaaaaakkkk ... lama nggak mampir, apa khabar ?

Minal Aidin wal Faizin, maaf lahir dan batin atas kesalahan2ku ya Mbak. *hugs*

Kue2 yang dibuat sendiri ... mbok yo bagi2 ... aku buat sendiri, tapi lebih suka buatan orang lain *celamitan* heheheeee ... btw, photonya cute Mbak ... :)