Wednesday, October 11, 2006

Dari ngobrol ke ngeyel....

pokrol bambu...

Dulu di jaman nggak enak dimana internet masih menjadi sebuah mimpi, berkomunikasi secara mudah, cepat lancar dan instan hanyalah sebuah angan-angan. Jadi ingat semasa masih duduk dibangku SD dimana hobi korespondensi alias surat menyurat menjadi salah satu hobi favorit. Hingga ketika pulang sekolah kotak pos surat menempati urutan pertama sebagai benda yang dituju dan dirindu. Sekarang aku juga geli kalau mengenang repotnya ibu-ibu kita dulu jika mau kirim layang alias surat ke sanak saudara. Udah nunggu balasannya lama, nulisnya pun juga ribet...sret...sret...wwalahh....salah!..wek.wek..bret..bret..diuwel-uwel....kemudian dibuang ke kranjang sampah...berr!...abis, tip ex juga belum musim. Nah lo ulang lagi... sampai judeg!

Sekarang jaman sudah berubah ke era web-web an en milis-milis- an. Lha saking enaknya layang-layangan binti surat-suratan sampai nggak keitung nulis surat berapa kali dalam sehari, bahkan orang nggak kenal pun disurati hingga akhirnya bisa kompak dan bersahabat. Tapi buat yang hobi bertukar pikiran di dunia maya, terkadang musuh juga bisa muncul akibat tulisan-tulisan kebablasan dengan lontaran pendapat yang seenak udelnya, yaahh..mentang-mentang gak kenal di alam darat...., eh tapi yang kenal pun kalau sudah mati kata akhirnya juga akan menyerang secara personal...wess jan wagu dan nggak mutu.

Bercakap-cakap atau ngomong-ngomong secara enak-enakan, ber style gayeng-gayengan serta diselingi ger-geran itu namanya nggedabrus alias ndobos binti ngobrol -mbedhol kacang crit- mbedhol telo brol-....crito ngobrol. Lha kalau agak serius minim humor namanya diksusi atau nama kerennya arguing alias eyel-eyelan pakai referensi. Nah kalau eyel-eyelan waton cari menang itu namanya pokrol bambu. Yap! pokrol bambu...begitulah bapakku dulu marabi (menjuluki) si kecil Laras.

Jamannya simbahku eyel-eyelan tuh nggak model, pokoknya harus manut dengan pihak berkuasa termasuk orang muda terhadap orang tua, mencakup anak terhadap ortu.
Dengan demikian, jika seorang priyayi sampai mengeluarkan kalimat yang mengandung kata 'pokoknya'..... wess...ngalamat dilarang protes! Dan anak-anak kecil seperti aku dulu cuma bisa berkata " injih...sendiko dawuh....." artinya.." iya..manut ajah..."

Coba sekarang perhatikan anak-anak kita. Wealah...pinter protes, berani usul, sudah bisa ikutan urun rembug, juga berani mengatakan salah dan mengaku salah. Jadi tentu saja bisa arguing alias eyel-eyelan pakai referensi nggak cuma jadi pokrol bambu...

Sebagai orang tua tentunya kita diharapkan bisa legowo bin lapang dada serta berusaha mengintrospeksi diri jika anak bertindak menyampaikan keinginan berbumbu protes..... asal bukan penyampaian pikiran dan pendapat yang hanya untuk mengejar waton menang (asal menang), waton suloyo (asal ngelawan), dan waton kelakon (asal kesampaian maksudnya)......

weleh..weleeh..demokrasi bo'...asal nggak kebablasan pasti pinuk alias penak banget atau enak poll....

9 comments:

dirac said...

Kalau dulu namanya "sahabat pena", kalau sekarang apa ya?? sahabat keyboard??

venus said...

wah iya, mbak. jaman masih kuliah apa lagi. pulang kuliah, yg dicari pertama kali pasti surat. ada gak ya surat dari pacar? kikiki...

venus said...

lho, aku juga ga bikin sendiri kok, mbak. ini template gratisan. coba nanti aku cari lagi linknya ya :)

emailku, iboo_nuna@yahoo.com

endangwithnadina said...

He eh...surat itu dulu sakti bgt,dicari2...skrg,kalo aja ibuku ngerti email dan YM, pasti tiap hari YM ku sibuk tuh,cerita macem2....

Wah, kalo ngobrol ma mbak Venus, ngajak conference dong...

venus said...

burungku_terbang (10/11/2006 7:38:52 AM): http://blogspottemplates.blogspot.com/
burungku_terbang (10/11/2006 7:39:54 AM): http://bloggertemplatesbycaz.blogspot.com/

itu linknya, mbak..liat2 aja dulu ya..

Larasati said...

@ Venus, tengkyu ya jeng..

Ely said...

dulu aku suka bersahabat pena....perangkone rek....sekolah SMA sekalian sambil kerja utk mbiayai hobi yg satu ini hi..hi..

mbak, cara nulis sampeyan itu enak sekali, luwes!!

Muhammad Mufti said...

Aku dulu juga sering surat-suratan dg sahabat pena. Lumayan mbak, perangkone akeh iso dikoleksi lho, apa maneh sing saka luar negeri. Pak posnya aja sampe hapal sama aku, dikiranya aku ini artis he...he...

Larasati said...

@ Dirac,setuju aku..sahabat keyboard...he..he..

@ Endang, wah mbak..ibunya jangan sampai tahu tuh ntar chatting terus lho..

@ Ely dam Mufti, Wah jebul yang hobi ngeblog rata2 dulu hobi bersahabat pena nih...aku dulu juga hobi sahabat pena, ternyata sama juga ngincer perangko bwat dikoleksi..

Sekali lagi matur nuwun mbak Ely...

@ Mufti, aku curiga nih ..lha kok sampai diapali pak pos lho...sampeyan pernah nggemboske sepedane ya..hi..hi..