Wednesday, May 17, 2006

Matur nuwun mass....!!

cerita jadul...

Ceritanya ketika masih duduk di bangku SMA aku memang nggak diijinkan untuk menggunakan motor. Tapi saking kepengennya diam-diam aku pake tuh motor buat kegiatan praktikum sore hari.
Pulang praktikum menjelang magrib, dan hujan deras mengguyur kota Yogya. Waahh...grogi juga, maklum gak biasa naek motor....gimana nih pulangnya, gitu pikirku agak ngeri membayangkan perjalanan panjang sembari diguyur hujan dengan petir yang menyambar-nyambar.....

Memang pada mulanya aku menunggu hujan reda, tapi semakin gelap hujan tetap stabil dengan curah hujan yang sama....hiiii....timbul rasa takut, sedangkan teman-teman sudah pada nekat menerobos kelebatan hujan. Akhirnya kuputuskan untuk nekat juga sambil kedinginan karena nggak pake mantel hujan...brrr...brrrr
Dasar nggak pernah pake motor....jalan menuju pulang terasa sangat panjaaang.....dan menimbulkan rasa seram juga merinding hingga bulu kuduk berdiri...jring..jring...
Tiba2 ...Ggubbraakk....!!..glangsaarr...ketika kusadari aku sudah mental dari motor. Dicahaya keremangan baru terlihat, barusan yang kutabrak ternyata sebuah becak, dan saat itu aku melihat si tukang becak sedang sibuk mengangkat becaknya yang terbalik hingga penumpangnya terkurung didalamnya. Sesekali samar-samar kudengar tukang becak ngamuk-ngamuk kearahku yang sedang meringis kesakitan karena dengkulnya 'mlengse' hingga berjalanpun tak sanggup....sakitnya memang pol tenan...!!
Tentu saja tukang becaknya sewot kepadaku....lha dia juga di 'pisuhi' (dikata-katain) penumpangnya...
"matane neng ngendiii..." teriaknya gemas....

Tiba2 entah datang darimana muncul seorang pemuda sebagai pahlawan dengan penawaran untuk mengantarku pulang...saat itu aku memang 'nredeg' sak pol-polnya...dengkul lemes...dan tentu saja gemeter bo'....sampe gak bisa jalan.
Aku mengangguk saja pasrah....."he'eh mas....matur nuwun...".

Tapi setelah agak lama kemudian, baru kusadari ternyata daerah tempat aku terjatuh adalah 'Mbong Suwung' yaitu daerah paling rawan dan merupakan lokalisasi pelacuran paling hot di Yogya, tepatnya bersebelahan dengan daerah Pasar Kembang dimana penginapan-penginapan murah banyak disewakan.

Tentu saja aku jadi extra waspada terhadap pemuda yang memboncengkanku, apalagi orangnya agak aneh...
"rumahnya dimana mbak...?' tanya dia
"didaerah mBlunyah mas...?" jawabku kalem..
"Jangan panggil diriku mas...?" jawabnya
HHah....maksude opo......bikin aku jadi takut mas..upsst!!
Pikiranku langsung ke hal-hal negatip....takut motor dilarikan, takut aku dilarikan, takut dipersona...wess..pokoknya bayangan-bayangan buruk sudah berkecamuk di otak....
Hingga aku pasang kuda-kuda, pokoknya begitu sampe rumah kunci motor akan langsung aku minta, kalo perlu kurebut!! gitu pikiranku saat itu....

Begitu sampe, aku minta diantar hingga depan pintu dengan maksud agar pemuda tadi mengalami kesulitan jika ingin melarikan motorku.
Ternyata diluar dugaan, dengan halus dia menyerahkan kunci motor dan pamit pulang terus ngeloyor pergi tanpa minta upah seupilpun...
Aku sampe bengong...".ttttteerrrimakasih mmmaass...." aku yang keheranan sampe lupa mengucapkan terima kasih meski akhirnya terucap juga walau suaranya sayup-sayup karena tertelan angin yang mengiringi hujan rintik-rintik.....

Dalam hati aku merasa isin..., tapi peristiwa ini menyadarkanku kepada satu hal......
Jangan mudah menilai seseorang hanya berdasarkan penampilan dan darimana seseorang berasal, karena niat baik tidak hanya muncul pada sosok yang memberikan keindahan pada penampakan luar. Memang idealnya indahnya penampilan luar merupakan pencerminan kebersihan hati, tapi kini banyak orang menggunakan penampilan fisik sebagai tameng untuk melakukan tipu daya tanpa rasa takut dosa. Oleh karena itu kita perlu waspada, jangan sampai terkecoh dengan penangkapan mata yang terkadang melakukan kesilapan.
Benar juga kata pepatah lama....dalamnya hati siapa tahu....

No comments: