Saturday, August 05, 2006

Sarana ngetop apa pengontrol yakk??!!...

cobak mana yang bener??...

Beberapa hari tinggal di Tanah Air kenyang dicekoki dengan tayangan-tayangan TV yang super heboh hingga selanjutnya bisa ditebak, lama kelamaan bikin 'mbenger'. Memang sih ada rasa senang ketika menyaksikan suguhan televisi swasta dihari pertama kedatangan di Yogya karena terus terang ada rasa kangen ngeliat yang heboh-heboh, maklum acara televisi Malaysia kurang bervariasi hingga akhirnya lebih memilih channel dengan filem-filem asing yang terkadang udah basi banget.

Kalo di TV Malaysia, saluran 4 Astro adalah chanel yang paling top markotop!! Acara Akademi Fantasi masih tetap terasa 'greng' nya meski harus bersaing dengan perebutan piala dunia baru-baru ini apalagi acara ini masih tetap dipandu oleh Azniel sang pengacara (pembawa acara) nomer satu se Malaysia dimana selain piawai memandu acara orangnya juga kocak tapi tetap santun dan nggak norak.Selain itu sinetron juga mulai marak meski masih dapat dihitung dengan jari, tak ketinggalan sinetron Indonesia juga sering ditayangkan dan nggak ketinggalan disetiap sabtu pagi tangga lagu-lagu top Indonesia cukup menghibur pecinta lagu Indo, lumayanlah... cukup memberikan wacana mengenai perkembangan permusikan di tanah air.
Dari semua tayangan-tayangan hiburan televisi negara jiran tersebut cuma satu yang nggak ada, Infotaintment!!
Yess!! emang gak ada, jika televisi ingin menampilkan wajah-wajah artis paling pol akan muncul pertanyaan seputar karier dan sangat sedikit masalah pribadi yang akan terkorek.

Dulu sebelum acara infotaintment menjamur di pertelevisian kita, terasa asiknya mengintip kehidupan orang-orang top alias para selebriti ini. Lama kelamaan acara ini mulai membosankan karena muncul setiap saat dijam-jam tertentu dan susul menyusul hingga terasa mendominasi acara dalam sehari karena tayangan ulang dengan berita sama akan kembali hadir seolah khawatir penggemar ketinggalan berita.

Kehidupan selebritis kini menjadi konsumsi publik, lebih parah lagi mengulik cerita masa lalu yang telah terkubur dalam juga menjadi suatu kegiatan yang sah-sah saja seperti dalam tayangan Insert (lupa dari televisi mana..) yang baru-baru ini saya tengok. Hii...ikutan merinding, abis kasian deh si artis...malu bo'...Tentu saja bagi orang biasa alias bukan orang top keadaan ini akan membuat kesal karena dengan penggalian cerita masa lalu keadaan mnjadi tambah runyam dan memperparah situasi.

Mungkin salah satunya karena alasan tersebut diatas kini terdapat larangan ditayangkannya acara semacam Infotaintment ini, disamping adanya unsur ghibah alias bergunjing yang diibaratkan sebagai memakan bangkai teman sendiri. Hii...emang sadis bangeth yak!! Dan enggak maen-maen hukumnya haram lho..., serta makruh bagi penontonnya.

Sebenarnya bagus juga lho larangan tersebut, karena emang nggak mutu...berita kok cuma 'ngrasani' orang.... Tapi aku yakin pasti ada aja orang yang ngerasa kehilangan...."yaa....engga bisa lagi deh melototin artis kesayangan...." kata penggemar setia...Tapi nggak cuma masyarakat lho yang ngerasa kehilangan akibat hilangnya acara infotainment karena artis kesayangan menjadi jarang muncul di layar kaca.....Sumpritt!!Buktinya...."Akan saya perjuangkan, jangan sampai infotaintment nggak tayang lagi..!! he..he..itu kata pak pengacara yang artis...." Infotainment sebagai kontrol kehidupan artis, ada infotainment aja tingkah laku artis kayak gitu..apalagi kagak ada." Nah..itu kata mantan aktor yang juga pengacara....

Lhah...heran juga aku..Aku pikir kehidupan pribadi diusik membuat mereka merana dan sengsara........ternyata nggak gitu-gitu amat kayaknya...Padahal sebagai orang biasa terkadang aku ngerasa prihatin, ikutan 'nggerus' en sumpih aku memberikan simpati dan empatiku...Dan setelah aku pikir-pikir lagi...banyak cara menuju ngetop, berita buruk, berita miring, apalagi berita bagus, pastinya dengan media apapun pasti akan dilakonin agar nama tetap berkibar.
Kendati demikian, meski belum jelas pelaksanaannya isu ini memberikan inspirasi pada para penegak hukum kita....mereka pengen juga ikutan bikin infotaintment....katanya sih sebagai sarana pengontrol ...

Duh..sebenarnya bisa gak ya infotaintment difungsikan sebagai alat pengontrol..??

2 comments:

timimom said...

mbak kenapa tiga kali ya di launch nya? lagi ada error opo?

Larasati said...

makasih ya timimom, iya bener terjadi error karena posting dari warnet yang connectionnya terputus-putus...tak pikir belum ke publish taunya sampe ke publish 3x maklum blom aku cek lagi udah kebelet pulang...bau rokok!! gak tahan...