Sunday, February 12, 2006

nDobos duluu...

melepas kepenatan setelah merayakan Hari Upik Abu

Beginilah kalo kerja serabutan... jadi bos tapi ngrangkep jadi bedinde...banyak merayakan hari2 penting. Sabtu Minggu merayakan Hari Kemerdekaan Upik Abu, lha kalo hari Senin waktunya merayakan Hari Upik Abu, dengan agenda utama pembersihan rumah from A to Z sampe kuinclong!! Tapi ya tetep aku kerjakan semauku....'lha gak ada boss' !!Sambil 'leyeh2' aku ingat2 diskusi ibu2 kemarin..seru juga...ternyata kita2 tidak takut untuk stand up and speak up!!

Dalam leyeh2ku aku andaikan negara kita di zoom in menjadi kueciiill....nah sekarang tampak dipelupuk mataku sebuah rumah tangga ato keluarga yang mempunyai banyak anak.

Ada seorang kenalan, berpendidikan tinggi dan berkecimpung di dunia pendidikan, jumlah anaknya..ya amplop...20 !! Gak bisa mbayangin bagimana membesarkan ke 20 anak yang semuanya perlu biaya pendidikan, baju, makan, dan kebutuhan2 laennya belom mandiinnya, nyebokin, nyuapin...profesi bos ngrangkep bedinde gak bakal ada yg ngelamar...Sekarang semua anaknya sudah besar2, ayahnya dengan bangga menceritakan kesuksesan mereka, si A di Ngamrik, si B di Ngustrali, si C di Ngamsterdam dan seterusnya. Yang mengganggu pikiranku...apakah kebanggaan anak terhadap ayahnya sebangga ayahnya dalam membanggakan mereka?? Menurutku tidak semua anak !!..bahkan mungkin ada yang berpikir bahwa ayah hanya mengejar kesenangan pribadi, ayah hanya memikirkan diri sendiri, egois..dsb. membiarkan dan menelantarkan anak2nya untuk mencari kehidupan sendiri diluar negri yang akhirnya membuat mereka tidak ingin kembali kepangkuan keluarga. Sedangkan untuk beberapa anak...Mak'e...Pak'e ..aku pulang..padahal belum ada setahun dari kepulangan mereka terakhir kali..

Setelah di Zoom out lagi ..Indonesia kembali membesar...kira2 seperti itulah bayangan masyarakat Indo yang kini sedang mencari penghidupan di Luar Negri. Ada yang apriori terhadap negaranya hingga enggan untuk pulang, tapi masih ada juga yg menjalin ikatan batin dengan kuat, semua itu adalah manusiawi dan bisa dimengerti karena semua punya alasan.

Mak'e...Pak'e....aku pulang......

No comments: