Tuesday, December 22, 2009

Ngegosip..? .. aha...boleh juga coy !

Mempunyai anak adalah sebuah karunia besar. Baik laki-laki maupun perempuan sama saja. Sama asyiknya, sama senangnya, sama serunya dan sama repotnya dalam mengawasi tumbuh kembang mereka. Dan setelah beberapa waktu berlalu anak2 beranjak besar, kemeriahan suasana rumah menjadi semakin semarak dengan celotehan dan ocehan2 mereka. Tapi meski sama-sama suka berceloteh, rupanya anak laki2 lebih sedikit bicara dibanding anak perempuan, bahkan konon laki2 cerewet sekalipun hanya akan mengeluarkan 6000-7000 kata perhari sama dengan jumlah kata yg dikeluarkan oleh wanita pendiam. Kononnya lagi golongan wanita ceriwis bisa mencapai hingga 20.000 kata atau lebih perharinya.Woow...

Nah rumahku termasuk sepi secara mommy adalah satu2nya wanita disana sehingga naluri ngerumpi tidak bisa tersalur dengan baik berhubung tidak ada lawan.
Anak laki-laki kurang suka diajak bergosip, bicara apa adanya tanpa bumbu penyedap dan seperlunya saja.

Simak deh obrolan gaya anak laki2 dengan mommynya....

Mommy: Dek, itu temanmu si Natasha mukanya keliatan BeTe banget kenapa ..
Anak laki-laki: Dia baru putus ....
Mommy : OOoo ... siapa sih pacarnya ?
Anak laki-laki : Ah...sudahlah....
Mommy : :(

Coba ngegosip sama anak perempuan, barangkali akan lebih heboh ya...

Mommy :Dek, itu temanmu si Natasha mukanya keliatan BeTe banget ya..
Anak perempuan : oiya...kasian deh mom dia baru putus, abis cowoknya nyebelin banget sih, nggak ada pengertiannya sama sekali...nggak bosen2nya TePe-TePe (tebar pesona-red)!!
Mommy : OOoo gitu.... siapa sih pacarnya ?
Adek : Itu si Joni yg playboynya minta ampun, huh dasar...kalau gue sih udah dari dulu2 gue kepret tuh si kupret...!!
Mommy : kek..kek..ke.k...:-)

Di Mall.
Mommy : Menurutmu model tas ini bagus nggak dek.
Anak laki2 : Nggak.
Mommy : kalau yg ini dek ? modelnya lebih bagus ya...
Anak laki2 : hmmm.....bagus.

Dengan anak perempuan bakalan lebih seru,
Mommy : Menurutmu model tas ini bagus nggak dek.
Anak perempuan : ah enggak banget mom.., warnanya aja norak modelnya juga nggak cocok buat mommy. Kurang elegan gitcu...
Mommy : kalau yg ini dek ? sepertinya lebih bagus ya...
Anak perempuan : Nah ini lebih oke, lebih trendy, lebih keren, pokoknya perfect deh...
Mommy : manggut... manggut...mikirin harga yg selangit.
Anak perempuan : Aku boleh beli juga kan mom?
Mommy : @8?/!!

Nggak cuma dengan anakku, ngerumpi dengan suamiku pun bagaikan pantun tak berbalas.

aku : "Kangmas..kangmas...artis itu emang kebangetan ya, tega2nya ngerebut suami orang..."
Kangmas : " hhmm..."
Aku : " Kangmas...dengerin dulu toh, menurutmu gimana ..kebangetan ya...."
Kangmas : " Hmm....menurutku pembaca info gosip yg kebangetan. Mau-maunya membahas masalah orang..."
Aku : :- ( *ngeluyur pergi plus malu...*

Sebenarnya sebel juga tidak mendapat tanggapan ketika sedang kepengen ngerumpi. Tapi sepatutnya aku bersyukur dengan keadaan seperti ini. Hikmahnya naluri menggosip tidak terasah dengan baik sehingga lidah menjadi tidak setajam silet !

Bukan gossip kalau digosok nggag makin sip, semakin dibahas bukannya masalah jadi tuntas tetapi malah meranggas sampai di luar batas. Pantas saja kalau kita dilarang berghibah alias membicarakan keburukan orang lain, sebab efeknya memang luar biasa karena yang baik-baik saja bisa jadi memburuik, yang sudah buruk menjadi semakin terpuruk... duh...!

Kalau begitu, lantas bagaimana jika kita ingin melampiaskan kebutuhan pengeluaran 20.000 kata dalam sehari...? nggag mungkin kita berbicara di depan kaca kan ?...
- barangkali ngobrol/diskusi mengenai hal2 yg bermanfaat bisa sedikit mnegobati keinginan buat berceloteh. ( jelas susah banget karena obrolan tidak bermutu lebih asik dan seru)
- Ngomongin orang boleh saja tapi jangan mengenai kejelekannya, jadikan dia sbg inspirasimu....halah, pasti nggak mudah ya secara ngegosip yg negatip memang lebih siip gitu lho....

Kendati tidak mudah menghindari kegiatan menggosip, apa salahnya kalau kita berusaha mencoba ?
Kasiihan juga kalo lidah selalu diasah hingga menjadi setajam silet !

4 comments:

Rizqi Syawal said...

wah lucu juga... emang segitukah bu dhe dengan pak dhe....

venus said...

hehehe....anakku jg dua2nya cowo, ga bisa diajak ngegosip :p

happy new year mbak laras :)

Larasati said...

Rizqi, yah... 11-12 lah..

Venus, happy nu year juga.... :))

By Boim Lebon said...

iya budhe....cowwok memang anti diajak bergosip, aku belum punya suami sih budhe lha wong masih imut gini, tapi ppacarku kalo di ajak gosip, bisa bikin aku pengen "nglethak" dia, lha gak ditanggapi blas, malah "dislimurne"...nggosip sama aku aja budhe heheheh