Thursday, February 15, 2007

puBer = nNyolot ?


Wuedian!! punya anak sedang puber alias ABG emang harus panjang usus alias sabar, nyolotnya minta amplop.... mirip dengan penderita hipertensi bin sakit bloedroeg. Pokoknya susah deh berbuat apapun yang pas sesuai dengan keinginannya meski kadang2 dia menjadi anak yang manis semanis si Gembul kucingnya.Tapi sebagai simbok tentunya aku udah hapal dengan kelakuan anak SMP diusia teenager awal ini. Makanya aku selalu memasang peringatan gede2 bertuliskan -HaRaP mAkLuM- di papan pengumuman dalam hati...

" Dek..mbok kamu tersenyum...kalo tersenyum kamu terlihat ganteng lhoh.." gitu selalu bujukku pada si bontot yang mahal senyum ini...
" Ah!!..mukaku emang gini!! mau senyum mau mrengut ya sama ajah!!..." lho..lho..bener kan sengol binti nyolot....
" Gitu aja kok emosi to le....mbok dicoba..bicara itu yang halus jangan digas, kok kayak truk naik tanjakan..." bujukanku terus kulancarkan dengan penuh keibuan.. :P
" Abis mamah sih..bikin aku kesel!!".. waduh blaik!! ..mama salah lagi......

Masih terbayang diingatan tingkah polah kelucuannya disaat sebelum menginjak ABG. Disaat kelas 3 SD keinginan untuk mengikuti hobi memasak kakaknya sempat mbikin aku senewen. Meski mengalami keribetan ketika menggoreng telor dadar, tapi si adek keukeuh tetap gak mau dibantu, sehingga aku cuma bisa melihat dari jarak dekat keribetannya memegang sothil disaat tubuh pendeknya bersikeras ingin melihat hasil gorengan telor didalam wajan. Sesaat kakinya jinjit-jinjit biar tinggian dikit, sesaat telapak kaki dibiarkan rata dengan lantai..."wah..pegel".. cetusnya...

Pernah suatu pagi aku dibuatnya njondhil kaget ketika si adek berteriak di mobil dalam perjalanan menuju ke sekolah.
" Aduuhh...mama...aduuhh...!!" teriaknya cemas...
"woalaahh..ada apa to le...kepalamu kejebles apa gimana...?" teriakanku nggak kalah cemas
" Mamaaa...aku lupa pake celana dalam..hu..hu..." tangisnya meledak...
" Welhadalah..mama kira ada apa...udah tenang ajah gak usah nangis. Dijamin nggak ada yang melihat kecuali adek curhat sama teman..." jawabku sambil mengambil napas lega karena bayanganku kepala adek kepentok sampai benjol....
"sSroottss..." sahutnya mengangguk sambil mengeluarkan ingusnya....

Nggak terasa adek sudah mulai remaja, mulai sibuk mencari jati diri, mulai berpikir kritis serta logis.
Dan kemarin dia pulang sekolah dengan membawa 2 tangkai bunga anggrek....
" Wih..keren euy!..dapat bunga darimana tuh.." tanyaku menggoda...
" Dari teman sekolah..." jawabnya tetap tanpa senyuman....
" Memangnya semua dapat bunga le.." tanyaku antusias..
" Ya enggaklah...cuma beberapa anak ajah.." teteeepp.tanpa senyum..
" Trus yang ngasi cewek apa cowok..?" aku juga teteepp pengen menggoda..
" Ya jelas cewek !!..mana ada anak laki2 ngasi bunga ke anak laki2..."....uUpsTt!! mulai nyolot neh...

Usut punya usut baru ngeh, jebul ceritanya velentinan toh...Lha seumur-umur mbokmu nggak pernah sayang2an nyeng model begitu jelas aja gak paham layauww!!...

Selanjutnya...
" Bunganya buat mamah ya...sayang kalau layu , belinya 5 ringgit lho.." kata adek dengan sedikit tersenyum...mm..manis deh kalau begindang...

Yah....Meski nggak pernah ngerayain palentin ataupun memperingatinya, tapi bukan berarti jika dikasi bunga atau hadiah lain dari seseorang lalu dicampakkan begitu saja lhoh... sayang bo' ...semestinya kita hargai orang yang sudah berbaik hati.
Coba yang ngasih bunga kekamu lebih dari satu anak le...vas mama bisa penuh dengan bunga gratisan.. :P

Yo weslah...mudah-mudahan keluarga kita selalu dilimpahi kasih sayang setiap hari yo le....nggak cuma setahun sekali...







18 comments:

Anonymous said...

gaya nulismu itu lho mbak, lucu, sempat bikin aku ngguyu! ^_^

liat dinding merah bata itu kok jadi ingat rumahku di sini ya Mbak!

salam dari Ely

venus ngakak said...

wekekeke...join the club, mbakyu...
beginilah nasib ibu2 jaman sekarang. tiap hari harus kuat-kuatin iman dan punya segudang kesabaran ngadepin anak2, biar gak kendhat! hahahaha...

kenny said...

adek pinter..biar mama nggak nyolot terus kasih itu bunga.

Wah bakaln tiap malem minggu sepi yo mbak...acara ngapel.

endangwithnadina said...

yg ngasih bunga malah yg perempuan....kalo anakku perempuan dan berani gitu, tak suruh wajib militer nanti...untung laki semua....hehehehe

danudoank said...

biar nyolot tapi kan dapet bunga toh mbakyu... sering2 aja kale yak dpt bunga gratisan...

de said...

Wah lumayan jeng, wes duwe modal buat jadi playboy hehehe

cakmoki said...

selamat berkasih sayang setiap saat untuk keluarga :D

Joko said...

wah syarat jadi mantunya budhe gampang ya? cukup sediakan bunga :D

elly.s said...

hepi palentin deh mbak...
libur gong xi fa chai kemana nih...
Kerteh yuk???!!!

aroengbinang said...

critanya menghibur jeng, salam.

Esti said...

Mbak, kata Tanti ngga bisa nengok blog ku ya? Aku juga lagi sebel nih, dipindah ke beta system malah jadi amburadul. Malas kutak katik lagi. Wis delok wae nang multiply ku mbak, http://estihkw.multiply.com

Anakku yang sudah kuliah waktu punya pacar juga "galak & emosian" sama aku. Kemarin baru putus setelah 2 th pacaran. E.. saiki dadi anak yang manis & suka guyon lagi. Lha piye, dulu punya pacar koq malah galak sama ibunya.

Iman Brotoseno said...

anak anak sekarang emang beda sama jaman saya masih jadi anak...waduh jadi deg degan. mudah mudahan anak saya tidak membuat saya pusing kelak

Anonymous said...

Lagi musin sakit, beberapa sekolah sempat diliburkan malah. Aku sakit sejak Minggu2 kemarin Mbak ... 2 kali ke dokter, bermacam obat ... kasian, dapur dibiarkan dingin semingguan, anak2 makannya terbengkalai.

Si adik lucu banget sih dari kecil. Yang puber bukannya nyolot ahhh Mbak, malah nggemesin, atau karena aku belum ngalamin kok mbayanginnya malah bikin senyum2 ...

Adik cakep sih, makanya ce yang kasih bunga ...

Tanti

mei said...

hihi, anakku masih setahun setengah mbakyu..tapi kalau d ingat2 jaman dia masih bayi dan sekarang yang mulai menunjukakn kenakalan2nya...haduhhh...

harus banyak bersabar ternyata ya...

amethys said...

wah...heboh juga yah klo punya anak?? hehehehe ngakak aku bacanya...lucuu

amethys said...

wah...heboh juga yah klo punya anak?? hehehehe ngakak aku bacanya...lucuu

Linda said...

waduh budhe, tambah ngamuk lagi si ABG kalo dicritain di blog dia pernah lupa pake celana dalam :D

TUKUL ARWANA said...

mbak pengemar empat mata juga ya..
nich ada blogger juga tentant tukul http://tukul-empatmata.blogspot.com

disana kupas habis tentang tukul arwana dan empat mata....