Thursday, February 22, 2007

Cerita goNg Xi Fa cAi-an


" Gong Xi Fa Cai....Wish you make fortune...." gitu kata-kata yang banyak terucap di hari Minggu kemaren.

Yess!! di KL anak sekolah libur 1 minggu penuh, sedangkan orang kantoran bisa menikmati long wik en hingga hari selasa, jadi kalo mau mbolos sampai hari Rabu gak papalah...uPst...bukan mbolos tapi cuti!!
Wah...! Kesempatan mudik ke Jakarta buat menengok rumah yang kata pemberi berita banjirnya sedeng-sedeng aja alias sedengkul bo'....!!

Liburan begitu KLIA (Kuala Lumpur International Airp Port) tetap santai-santai aja, imigresen sepi...hhh...bisa bernapas lega sampai bisa ngalamun.
Yah makan spagheti sambil ngalamun jadi ingat cerita mas Kiyun sahabat keluarga kami.....
Ceritanya mas Kiyun kepengen mentraktir mas Karyo yang sedang hijrah ke ibukota buat nyari kerja.Masa itu mas Kiyun memang lebih dulu sukses ketimbang mas Karyo yang masih tinggal didesa. Bisa mbayangin.... ketemu teman SMA pasti gayeng layauww!!

" Tak traktir spagheti ya Yo..." gitu kata mas Kiyun, hidungnya plendus-plendus bangga memperkenalkan makanan ibu kota...
" sekalian sandwich yo..." tambah mas Kiyun lagi .....
" wah..lha kebeneran aku belum pernah makan makanan orang kota......yo wes sini tak cobanya semua......" jawab mas Karyo mantep.

Eng..ing...eeeng........semua pesanan datang, mbak waitress dengan segenap sopan santun menghidangkan makanan. Mas Kiyun dengan hati mongkog alias bangga memperhatikan dan sesekali melirik mas Karyo menunggu reaksinya.

" mana Yun..spagheti sama sandwichnya...aku udah kemocor nih.." gitu kali bahasa jakartenya...
" lho...itu dimeja didepanmu rak spagheti sama sadwich to Yo..." jawab mas Kiyun agak mengkeret.
" LhoH...Ini spagheti ...?!! mas Karyo ndlongop kagak percaya.......
" Lha cuma bakmi sambel gini kok spagheti to Yun ....katanya bakmi ngItali....!!...lha itu nyeng namanya sandwich tak kira panganan nyentrik... jebul roti sele/selai
to..." wajah mas Karyo tampak memelas karena kecewa...
" Kalo cuma begini di ndesa kita ya ada to YUn..Yun..." tambah mas Karyo lagi..
Mas Kiyun yang niatnya mau umuk-umukan bin nyombong cuma tersenyum dan mringis-mringis isin....malu ni yee....

Ting..tong...ting..tong....Attention please....
Suara pengumuman membuyarkan lamunan...gGrobyakK!!.....

**********

Di Jakarta sok-sokan menawar sebuah produk. Aku memang tertarik dengan barangnya dan berniat untuk membeli, tapi tentu saja bukan disaat itu juga karena harganya nggak murah.
Weleeehh...tapi dasar sales marketing. Sekali bertanya pasti kita akan dicecar sampai gol produknya terjual.
" bu...ini harganya istimewa sekali lho, khusus buat ibu...jadi ibu jangan bilang siapa2 karena ini rahasia kita berdua. Kita kan sudah kenal baik makanya harga saya diskon dua kali..." gitu katanya berbisik menggebu. HUhH!!... kapan kenal dia....dasar SKSD!! sok kenal sok dekat ....

Kring..kRingg...bunyi hand phoneku terus berdering. Diamput!! dia lagi..dia lagi...
Sudah kubilang aku mau beli produknya tapi jangan dipush gitu dong, aku mbalah jadi pusing kayak dikejar debt collector!!

Aku jadi teringat gaya mbak2 sales yang datang kerumahku beberapa tahun yang lalu. Tepat didepan pager yang sekarang masih tampak garis batas bekas banjir, disaat aku hendak mengeluarkan mobil tiba-tiba dia datang...uncluk..uncluk..uncluk......
" bu..saya akan memberikan hadiah voucher jika ibu dapat menjawab pertanyaan saya."to the p
oint dia berkata..
Walah!! cepet banget sih mbak sales ini masuk, padahal pager baru saja melongo. Dengan terpaksa aku ladenin dia dengan janji hanya 5 menit saja.
" Ya sudah..apa pertanyaannya mbak.." tanyaku penuh kesopanan.
" Burung apa yang bisa bicara...." tanyanya mantap, telunjuknya bergerak-gerak mirip gaya bu guru ketika mengajar...
" itu sih burung beo to mbak..." hiks...agak geli aku... kirain pertanyaan apa....

PlokK..pLokK..plok..pPlokK...mbak sales bertepuk tangan dan berteriak gembira...

"
waaahh..hebat!! ibu pandai sekali!! selamat ya bu!!...ibu berhak mendapatkan voucher. Jadi kalau ibu membeli produk ini, voucher ini bisa digunakan sebagai diskon...bla..bla..."... woalah mbaaakk....sampeyan ini mbikin jantungku copot!! pake keplok segala....hHh...mau juwalan saja kok mbulet to nduk...nduk....

********

Begitu mendarat kembali di KLIA rasanya lega banget, sepertinya benar2 merasa kembali kerumah. Aku jadi merasa nggak adil....kenapa di Jakarta perasaanku menjadi gerah dan nggak betah.....sedangkan di KL malah ngerasa homy alias kerasan gitu loh....!! Padahal kemaren di Jakarta sempat merasa terharu melihat kucingku si Jelly yang selamat dari mbludaknya air diJakarta. Ternyata dia masih ingat dengan bos mamah, bos bapak dan bos adek. Tubuhnya kurus akibat trauma banjir hingga menyebabkannya takut turun dari atap rumah dan tidak makan beberapa hari.Tapi begitu melihat kehadiran kami semangatnya muncul dan...bBlug!!.....akhirnya mau turun juga, selanjutnya oleh2 friskies dimakannya dengan lahap.

Lha kalau nggak kerasan dinegara sendiri apa ya harus selamanya tinggal dinegara orang too...???
WoalaaahHh.....pPliisS dEh!!

14 comments:

danudoank said...

beruntung kali si kucing itu :). *jadi sebenernya lebih kerasan di negara orang toh bude?:d*

kenny said...

sebenernya aku jg malu mbak klo ternyata lebih kerasan tinggal di negri org drpda negri sendiri, tp gimana lagi wong suami disini sih...:D

hihihihi..kemarin ke jkt ketemu mas kiyun lagi nggak??

venus said...

hahaha...diamput??? bisa misuh juga ternyata..kekekek...

eh lain kali kalo pulang kampung mbok ya kabar2 to yoooo...wah jian si mbak ini :D

Ely said...

walah ternyata baru pulkam tho mbak ^_^. Namanya kiyut ya, Kiyun !

DenaDena said...

pepatah mengatakan: ujan emas di negeri orang lebih enak hujan batu di negeri sendiri. Halah yo ndak bener itu.

T A T A R I said...

jadi betah ya???

lam kenal mbak...

Anonymous said...

rumput tetangga memang lebih hijau, ini berlaku buat stadion sepak bola juga budhe, lho.... nyambung mboten budhe? :D

mungkin tepatnya bukan "enak kalee di sana", tp "kok bisa lebih hijau diapain ya?"

*awas gejala nusantaraphobia <== opo kui aku yo radong

gemah ripah loh jinawi, toto tentrem, titi raharjo <== apa tinggal cerita?

blogspot semakin mempersulit saya comment duuuh... mugo² Iso
Bismillah

terpaksa anonymous "JOKO" :D

joko said...

rumput tetangga memang lebih hijau, ini berlaku buat stadion sepak bola juga budhe, lho.... nyambung mboten budhe? :D

mungkin tepatnya bukan "enak kalee di sana", tp "kok bisa lebih hijau diapain ya?"

*awas gejala nusantaraphobia <== opo kui aku yo radong

gemah ripah loh jinawi, toto tentrem, titi raharjo <== apa tinggal cerita?

blogspot semakin mempersulit saya comment duuuh... mugo² Iso
Bismillah

endangwithnadina said...

hehehehe...merah putihnya kurang njentrong , kurang menyala ya mbak?

Evy said...

OOT: Hi mbak, aku minta resep nasi lemak dong...bukan mi sambel hahaha...

Anonymous said...

Mbak ... ceritane nyambung, aku masak sphagetti kemarin ... tapi yo, sambel'e istilah si Mas, atau saucenya tak buat bersampah ... dimasukin zukini, bellpepper, mushroom ... salah satu trik agar anak2 makan sayuran ...

Sama juga, aku merasa kerasan dan terbiasa dengan kehidupan di sini, bukannya kurang nasionalis ... rambut tatap hitam dan pikiran tetap ke Indo dan makanannya kok ...

Dampak banjir, harus bersih2 pulang kemarin yah, Mbak ... untung yang dioleh2i Friskies ketemu ...

Tanti

linda said...

trus trus budhe, jakarta sama jogja penak mana? jogja sama KL penak mana? *yang seumur hidup blum pernah ke KL*

Esti said...

Mbak, suami nyangkul di Hess ya??tgl 25 kemarin ikut kondangan salah satu VP gak? Aku celingak-celinguk siapa tau mbak Laras lagi mudik ke Jakarta

Larasati said...

danudoank : sebenarnya daku ngga berniat tuk kerasan dinegri orang lho..:)

Kenny, mas Kiyun sekarang tinggal di ngAmrik Ken..

Venus,jan2e aku yo mahir misuh...tapi takut orang pada kabur :P

Aku lupa kabar2i..jian lali sak pleng-an je, kemrungsung!!...next time ah!!

Denadena, halah hujan batu yo benjol2 ya de...

Joko, rumput lapangan sepak bola di Brunei hijau banget lho..asli...!!

Endang, merahnya luntur ngelunturin yg putih... benderanya berubah warna jadi pink..:P

Evy, kalao sego sambel minta mbak Ely aja ah!

Tanti, aku jadi pengen nyoba bakmi sambele Tanti...kayaknya sedep juga tuh

sampai sana rumah sudah kinclong Tan..jadi aku bisa duduk manis sambil mendengarkan cerita banjir kemaren..

Linda, masing2 tempat punya kelebihan dan kekurangannya kok, jadi tak pikir ya sami mawon.
Belum pernah ke KL? kalo sewaktu2 ke KL kabar2i ya..nanti tak ampirkan kerumahku...

esthi, benul mbak..apa dikau juga nyangkul disana...? tanggal 21 aku udah balik KL seh....