Tuesday, February 24, 2009

kecantol nonton tipi lokal

Pulang ke Jakarta selama 4 hari minggu lalu cukup mengobati rasa rinduku kepada negriku tercinta. Alhamdulillah semua yang sudah di rencanakan bisa terlaksana termasuk berwisata kuliner untuk memuaskan lidah berikut tenggorokan meski harus dibayar dengan bertambahnya berat badan.

Selama di Jakarta waktu luang selalu dakyu sempatkan untuk nonton tipi lokal secara bisa dipastikan selalu menyajikan berita-berita heboh dan terkadang tidak masuk akal. Di saat itulah dakyu bisa memuaskan rasa kangenku dengan mendengar berbagai bahasa yang sangat jarang digunakan dalam pergaulan sehari-hari di KL. Berhubung sangat beragamnya suku bangsa Indo disini penggunaan bahasa persatuan tentu saja lebih diutamakan agar semua orang bisa paham. Puwas dakyu mendengarkan logat sunda dalam tayangan berkunjung ke Sukabumi, juga tersenyum-senyum ketika para presenter dengan gaya sok asik melontarkan bahasa gaul jakarta dengan santainya, dan dakyu semakin cekikikan ketika bahasa katrok bersliweran di acara Mbangun Deso....wupst...

Berita terhot datang dari seorang dukun cilik yang konon dapat menyembuhkan berbagai penyakit melalui batu yang dipegangnya..Pasien membludak hingga puluhan ribu sampai2 antrian mengular, dan tak heran jika pasien baru menerima giliran 'penyembuhan' setelah 3 hari ngantri ! Lebih menyedihkan lagi terdapat 4 korban meninggal karena terinjak-injak sesama pasien yang berebut saling mendahului. Mck..mck...ternyata nggag cuma metromini aja yg berusaha saling menyalip. Melihat cara kerja dukum cilik ini sepertinya mudah saja karena hanya mencelupkan batu yg dipegangnya ke dalam air yg dibawa sendiri oleh pasien. Kemudian pasien menenggak langsung air yg sudah dikobok oleh sang dukun.Tapi kalo yg dicelup sampai 50 rebu wadah air, apa ya nggak masuk angin tuh anak.. .

Alasan pengeksploitasian anak menjadi penyebab ditutupnya praktek dukun cilik tersebut,meski fulus mengalir deras ke dalam keluarga Ponari si dukun cilik sebagai efek positif banyaknya pasien. Tapi masyarakat masih saja rajin menunggu hingga praktek dibuka kembali. Walhasil air selokan serta air sumur di sekitar rumah Ponaripun laku keras. Mereka percaya bahwa air tersebut juga berkhasiat secara berada dalam lingkungan magnet Ponari. Padahal air tersebut secara kasat mata terlihat keruh, jadi sudah memenuhi salah satu syarat sebagai air tidak layak minum.

" Ediaann....ini masyarakat sudah pada gendheng semua apa ya ?..
" Itu karena saking saktinya 'cah dukun' mah,,,,,sampai-sampai keringatnyapun di kalengin kok.
..." ujar mas Ica asal nyaut .....
"Weleh..apa iya..."
" Lhadalah... mosok belum pernah dengar sih..?..ituu.. Ponari Sweat..."....

Memang keadaan ini sangat ironis mengingat masyrakat daerah Jombang yg sangat kental beragama, tapi jika dipandang dari sisi lain yaitu desanya Ponari, sangat tampak nuansa mistis sedang hidup dengan subur, sepertinya mereka sudah kehilangan logika.

" ..wah..kalau di tempat asalku belom ada 'dukun kucing cilik' mas,..apa aku nanti kalo udah gede jadi dukun di dunia perkucingan aja ya...Tapi cita2 asliku kan jadi presiden kucing...?"
..Haiyaakk..si Gembul ikutan nimbrung.
" Lha yo jangan to mBul, jeas2 merdukun itu sirik apa lagi jadi dukun. Dah...jadi presiden kucing ajah...!!"

Memang sangat memprihatinkan melihat fenomena ini. Tapi kenapa ya sampai terjadi..? Yah..Bisa jadi keadaan ini terpicu karena pasien sudah putus asa berhubung berobat ke dokter tidak ada hasilnya, sehingga dengan alasan berikhtiar mereka menggunakan jasa dukun Mungkin juga biaya dokter/rumah sakit yg sangat tinggi menjadi alasan untuk berobat ke penyembuh alternative. Atau barangkali akidah mereka perlu dibenahi agar jauh dari kepercayaan-kepercayaan yang berbau sirik.

Berati sudah bener praktek Ponari dihentikan beberapa waktu lalu. Pastinya, karena selain meresahkan masyarakat, tidak mendidik, juga kaya akan unsur pengeksploitasian anak2.

Tapi sayang sudara-sudara…Berita terakhir mengatakan bahwa praktek dibuka kembali atas ijin pak pulisi setempat, dengan syarat hanya diperbolehkan menerima sebanyak 5000 pasien ‘saja’ dalam sehari. Wealah…ya tetep masuk angin….

Hari terakhir di Jakarta dakyu menatap layar tipi lagi, disitu tampak Ponari kecil digendong, seseorang membantu mencelupkan batu di genggaman tangan kirinya sedangkan tangan kanan memainkan pestol air. Dia juga bermain dengan game dari ponsel, mainan yang belum pernah dijamah sebelumnya. Jelas tampak wajah lelahnya yang selalu tertawa-tawa ( nggak jelas tertawa sama siapa).**


7 comments:

amethys said...

wuih jeng terakhir aku baca ttg ponari sweat ini, kabarnya penghasilan seharinya 15 jeti....ck..ck..ck
ga usah sekolah dokter udah melebihi dokter ahli apa aja

meilana said...

salam budhe, kulo nggih tinggal di KL. Saya juga semakin prihatin dg masyarakat kita, kok semakin tambah primitif. Kalo difikir2 hal yg aneh-aneh kok selalu muncul dari Jombang nggih. Mulai Gus Dur yg sering nyleneh, Cak Nun yg seniman, terus sapa tu yg ngaku nemukan bue energi sampai presiden SBY ikut ketipu, juga si jagal hombreng yg aku jg lupa namanya dan terakhir dukun cilik ponari yg diikuti munculnya dukun2 cilik yg lain. Kala analisa sy, Islam yg brkembang bukan Islam yg dilandasi aqidah yg benar, msh banyak yg taqlid dg kyai plus adat jawa Hindu yg msh kuat bercokol.

Nuwun

elly.s said...

iya ponari sweet lagi heboh ya...
geleng2 kepala bener..
aq pun sma mbak selain berat badan yg confirm nambah krn makan mulu , nonton tipi kita emang asyik, heboh bahkan edan hehehehehehe..

gak kayak disini ..hiks....

Mufti AM said...

Sebetulnya masih ada 2 orang lagi yang punya batu petir dan bisa untuk menyembuhkan orang. Selain ponari ada dewi dan nur rohmah. Tapi yang terekspose secara luar biasa ponari. Apa karena hokinya mirip artis lenong betawi itu ya Pok Nori.

Anonymous said...

[B]NZBsRus.com[/B]
Forget Crawling Downloads Using NZB Downloads You Can Easily Search HD Movies, Games, MP3 Singles, Applications and Download Them at Maxed Out Rates

[URL=http://www.nzbsrus.com][B]NZB Search[/B][/URL]

Anonymous said...

Hi Guys,Just registered here and looking to have a great time. I am looking for the best cash gifting program out there in the internet. Can you guide me?

Below are some sites that I found and I am not sure how much they are going to help me.
[url=http://www.squidoo.com/Residual-Cash-Forever-Cash-Gifting-System]cash gifting[/url]
[url=http://www.squidoo.com/Residual-Cash-Forever-Cash-Gifting-System]join cash gifting[/url]
[url=http://www.squidoo.com/Residual-Cash-Forever-Cash-Gifting-System]best cash gifting program[/url]

Anonymous said...

Making money on the internet is easy in the hush-hush world of [URL=http://www.www.blackhatmoneymaker.com]blackhat method[/URL], You are far from alone if you haven’t heard of it before. Blackhat marketing uses little-known or little-understood methods to build an income online.