Sunday, February 15, 2009

Kresek vs Krecek..

Wik en kemaren bersama pakdhe gliyak-gliyak menuju Kampung Baru untuk keperluan belanja khusus bahan2 makanan Indonesia, yang tidak dapat ditemukan di supermarket pada umumnya. Mulai dari kecap Bango, sirup Marjan, Krecek alias krupuk kulit, emping mlinjo, teh botol Sosro, sambel indofood, blue band buat bikin nasi goreng dan indomi goreng ala indo.... Upst..!!... bukan pesan sponsor lho... :D

Sebelum benar-benar hunting ke warung langganan, mampir dulu ke RM Padang Garuda secara sudah melebihi waktu makan siang. Tapi sayang sudara-sudara, penikmat kuliner ini sedikit kecewa karena cita rasanya seperti sudah berubah di lidahku tidak seperti beberapa waktu ketika awal2 dakyu datang ke KL . Hmm...apa karena akhir2 ini dakyu terlalu sering mampir di Sari Ratu Jl. Bukit Bintang, jadi terasa bedanya. Padahal kalo dilihat dari segi harga, cuma beda-beda tipis. Hanya di Sari Ratu terlihat lebih mementingkan kwalitas daripada kwantitasnya. Duh...suerrr..suerrr...ini juga bukan pesan sponsor....

Dengan menenteng bungkusan sisa yg tidak habis ( sayang kan kalo ditinggal..?) dakyu digandeng pakdhe menyeberang jalan menuju toko barangan runcit (retail) yang menjual aneka bahan makanan Indonesia tercinta. Sepintas tampak sebuah kedai menjual krecek dan emping melinjo. Tapi...
" ah...bukan warung langganan, ngga asik..paling juga nggak kumplit. Nanti malah jadi dua kali kerja..." gitu batinku dalam hati

Yah..Akhirnya sampai juga di kedai andalan.
List keperluan segera dipenuhi oleh si abang penjual dengan gaya sok akrabnya....
"..ada lagi yg diperlukan mbak....?" tanyanya...

"..udah bang, tinggal kecap bangonya mandang...?!".. tanyaku dg gaya penasaran, tumben habis.
Jadi ingat bangomania...gimandang nih...kenapa gag sampe KL...?

"..2 hari lagi nyampe bu, itu aja cuma 5 kardus kata pengirimnya
.." kata Tulangnya si abang penjuwal.....

" ..hm..jadi..kalo bulan depan pasti ada ya..."...

"...sumprit bu, 2 hari lagi datang
.." tambah si Tulang...

Itung-itung....itung,,,itung...si abang penjuwal khusu' menghitung dengan kalkulator.
Tiba2 dakyu teringat sesuatu...

" oiya bang..ada krecek...? ....

"..Ada mbak..adaaa....? ..si abang antusias menjawab sembari mengambil sesuatu dari laci...
dan..bBlegG...mantap menaruhnya di depanku..

" Lhaaahh..itu kan tas kresek, maksud saya krecek....? ....wealah tas plastik setumpuk di sodorin ke dakyu...

" hiks..hiks..kirraiiinnn.." si abang tersipu malu...

Ternyata toko andalanpun tidak bisa diandalkan sudara-sudara, akhirnya balik lagi ketoko semula, segera mengambil krecek dan emping menuju kasir. Mulailah terjadi percakapan antara penjuwak dan pembeli..
" ..bang ini bener krecek kan (bentuknya memang agak lain dg krecek jogja)...?.."
"..bukan bu.. itu krupuk kulit..."
" Brarti krecek kan..?"
"..Bukan..itu krupuk kulit!"


Walah..walaaahhh...pantesan beberapa waktu lalu masuk pasar Chowkit mencari yg namanya krecek gag ada satu kedaipun yang juwal. Lha mbok mubeng pasar sampai 7 hari 7 malampun, nggag bakalan nemu barang itu. Karena bahasa persatuannya krecek adalah krupuk kulit, tapi berhubung dakyu sudah terbiasa nyebut tape...eh nyebut krecek..jadinya ya kelepasan.

" Makanya pake bahasa persatuan, jangan sak enak udelnya ngomong pake bahasa daerah yg nggag dimengerti orang lain..."
..wupst !!...hatiku memarahi mulutku yang suka clemongan......

5 comments:

amethys said...

jeng..ditempatku sini klo krecek pasti pork..hehehe jadi harus bawa dari negeri tercinta...(nyelundupin..)

aprikot said...

krecek oh krecek jgnkan di negara lain mbak, di sesama jawa walau beda barat dan tengahnya aja orang nda tahu krecek

mei said...

huuh, bener kata diajeung gita, pasar bintaro ngertine juga krupuk kulit, dan rasane luweh asinnnnnnnnnn

JK said...

tak kirain Krecek itu bahasa Nasional jeh, ternyata bukan to???
Mungkin di toko langganan juga ada budhe tapi mereka tidak mengerti artinya krecek :D

Larasati said...

amethys : walah krecek babi ?..tak kirain yg ada cuma krengsengan pork

jeng Gita : lha ya itu, tak kira semua suku kenal yg namanya krecek. jebule kecele..

mei: rumangsaku yen krecek ki tawar tapi kalo krupuk kulit asyuiinn..

JK : kayaknya di toko langganan jg cuma kenal krupuk kulit ...opo kulite krupuk yah..jangan2 aq salah nyebut..