Friday, November 09, 2007

Selamat ulang tahun mas ica.....

Hari ini anakku sulung genap berusia 20 tahun, tepatnya jam 00.05 tengah malam tadi.
Tak terasa, sepertinya waktu berjalan sangat cepat meski 20 tahun bukanlah waktu yang singkat. Dengan demikian 20 tahun sudah dakyu menyandang status sebagai ibu-ibu. Hmm...masih tersisa diingatanku ketika pertama kali mempunyai anak, dakyu benar2 masih sangat lugu alias lutcu dan guob..yoss...maksudnya mudah gembrobyos kalau sedang mandiin anak. Tapi seiring dengan waktu watak keibuankupun muncul, dan kemudian menjelmalah diriku menjadi seorang ibu yang telaten, teliti, manis, baik hati dan tidak sombong.

Hari ini anakku sulung sudah mulai dewasa.
Padahal masih kuingat saat umurnya baru 3 bulan. Disaat Gendon teman seangkatannya sudah bisa berguling-guling kesana kemari, anakku masih penasaran berusaha membalikkan tubuhnya sampai terpipis-pipis. Dengan timbangan 7.5 kg mungkin tubuhnya terlalu berat untuk di ajak berkompromi dengan keinginannya. Bahkan sampai sekarangpun masih terngiang kata-kata pertamanya disaat doi berusia 9 bulan...
" ..tupuk..." hiks..maksudnya krupuk. Maklum bapaknya doyan krupuk...
"..ban..jijik..." hi..hi... ini karena anakku hobi pegang2 roda stroler makanya eyang kakung sering mengingatkannya.

Mungkin kejadian di halaman kantor kelurahan disaat aku mengurus surat pindah keluarga kami ke Jakarta juga gak bakalan akan terlupa. Sulungku yang masih berusia 2 tahun ini tiba2 menyanyikan lagunya Amy Search yg sedang ngetop markotop pada saat itu,
"...Isabella adalah...kisa cinta dua...dunia...." gitu dia bernyanyi sambil ngotot....
Weleh...semua orang noleh kearah anakku...
" ..anake sopo iku ?"....hiks...thole satu itu sempat bikin dakyu agak malu.
Barangkali bosan juga ya menyanyikan koleksi lagu anak2 yg setiap saat dinyanyikan bersama mama.

Hobi mendengarkan cerita menjelang tidur sempat membuat mulutku ndower, sehingga dengan amat terpaksa dakyu merekam suaraku atas cerita bertajuk si Piko daripada setiap saat dakyu harus membacakan cerita kegemarannya tsb.Kemudian dengan lincah jari jemarinya akan memutar kaset hasil rekaman berulangkali disaat menginginkannya. Makanya dia bersemangat belajar membaca karena ngiler melihat buku2 bergambar indah hingga membuatnya penasaran akan isi cerita. Akhirnya di usia 3th 4bulan kemampuan membacanya mulai keluar diawali kata2 dengan penggunaan huruf2 vokal,
" bo-la..., sapu.., meja.., pipa....." begitu dia membaca dengan mantap.

Dan dakyu jg masih ingat ketika nafasku terputus-putus saat mengajarinya naik sepeda di usianya yg ke 5. Woalah....gak kuat lagi... Akhirnya Kangmas Jogelem turun tangan untuk mengajari cah bagus tsb. untuk bersepeda. Langkah pertama adalah melepas roda bantu, langkah kedua menuntun ke pinggir kali dimana pada waktu itu sangat memadai untuk belajar mengendarai mobil apalagi bersepeda secara jalanan masih sepi dan lebar, dan langkah terakhir si bapak muda ini (39 tahun yg lalu bo'..) mendorong anakku yg sudah siap nongkrong diatas sepedanya. Wuuussssss......otomatis si anak terpaksa berkonsentrasi mengendali agar tidak ambruk....hoyag...hayig hoyag..hayig...sepeda oleng ke kanan serta ke kiri. Berulangkali 'dorongan tega' dilakukan Kangmas Jogelem hingga akhirnya..Yess...anakku sudah bisa bersepeda.....dalam waktu kurang dari satu jam. Padahal dakyu sempat agak iri dengan anak tetangga yg sudah bisa naik sepeda disaat umurnya baru 4 tahun. Hhh..aku emang merasa terlalu banyak menuntut pada anakku...

Sekarang setelah anak2 besar aku baru sadar, ternyata banyak hal-hal yang mereka kerjakan karena semata-mata keinginan dan ambisi orang tua. Makanya sekarang dakyu berusaha sekuat mungkin agar tidak selalu melibatkan keinginanku pada sesuatu yg akan mereka lakukan. Menghidupkan demokrasi di rumah tidak ada salahnya kulakukan sepanjang tidak membuat anak-anak menjadi kurang ajar. Mereka boleh mengemukakan apa yang mereka mau dan tidak mau. Mereka juga berhak memprotes sesuatu yang tidak disepakati apalagi mengangguk tanda setuju.

Selamat ulang tahun ya mas ica...
Doa mama semoga kamu berhasil mengarungi kehidupan ini hingga mencapai sukses yang kamu idamkan. Mama mohonkan pula dalam setiap doa agar
keinginan-keinginan kamu, cita-cita kamu... bisa kamu raih dengan mudah tanpa halangan yang berarti. Amien.

17 comments:

Muhammad Mufti said...

Met ultah buat icha, semoga tambah berbakti dan membahagiakan orangtua, sukses dan berprestasi.

*Fotone jaman kapan iku mbak? Kok iseh cilik2

Larasati said...

makasih doanya mas mufti.
ini foto jadul, 12 tahun yg lalu.

vidya said...

Selamat ultah ya Mas Ica...
Mbakyu, itu liat foto keluarga jadul lucu banget. Masih pada imut2 gitu :-)

amethys said...

selamat ulang tahun mas...semoga harapan dan doa mamah terkabulkan...amin

endang said...

Selamat ultah ya mbak buat Icha...mbikin sego kuning ya?

kenny said...

met ultah buat mas ica nya, weleh fotonya imut2 semua.

kog jadi terharu mbak aku bacanya.

venus said...

seamat ulang taun buat jagoannya, mbak. wah, 20 taun ya? ibunya masih kinyis2....:D

mei said...

wahhh...wes 20 tahun ya??? met ultah buat mas-nya yo mbak =)

dan jadi orangtua yang sabar itu susahnya minta ampunnn =(

Larasati said...

vidya, terimaksih ..mudah2an sampai sekarang dakyu masih imyut jugak ah..

amethys,terimaksi tante..

endang, mas ica ulang tahun di jogja. kebetulan bareng eyang kakung jadi aku ngga bikin nasi kuning...

Kenny, makasi ya..aku nulisnya juga rodo terharu je..

venus,trimakasih...serius nih ibunya masih2 kinyis2...ah smoga saja

mei, trimakasih mei...iyo bener aku harus belajar tambah sabar

ichaAwe said...

met ultah yah mas ica... aduh namanya sama dengan namaku... cuma aku nulisnya pake h ... spellingnya yah sama yah mbak...

elly.s said...

mas ica..dikasih apa ma mamah?
met ultah ya..moga cepet dapet jodoh..
hi..hi..hi.. kabur ah!

Ely Meyer said...

Amin...

dadi ngeces mbayangin tumpeng ultah :D

-Fitri Mohan- said...

ini mas ica yang ngisengin penelepon iseng itu ya mbak? :D

selamat ulang tahun ya mas ica. panjang umur banyak rejeki bahagia sehat lahir dan batin. amin.

Larasati said...

icha, makasih ya...kalau aku manggil ica dua2nya nengok yah..

elly.s...wah nodong gitar plus perlengkapane je mbak...
seneng ya...kalau aku cepet2 jadi neli..:-(

eli meyer, ngeces sambele aku..

Fitri, iya fit yg ngisengi penipu iseng

Anang said...

selamat ulang tahun... moga jadi anak yang berbakti sama orang tuanya

de said...

semoga jadi anak yg soleh, ahli surga dan memberi manfaat untuk sekitarnya amin.. wes tuwo mbak ;))

nila_aura said...

Happy belated birthday...ikut mengamini doa Mama Enda....