Sunday, September 17, 2006

Jangan jadikan sebagai pelajaran pertama pada fase belajar bicara mereka....

meski terdengar lucu...

Kalau menyimak syair lagu-lagu sekarang aku jadi ngerasa prihatin deh, terutama jika ngebayangin kalau anakku masih balita. Dunia permusikan kita memang miskin lagu anak-anak, nggak seperti 10-15 tahunan yang lalu dimana lagu anak-anak begitu trend dan menjamur. Ada trio kwek kwek, Meisy, Agnes Monica, Eno Lerian, Susan dengan Kak Ria Enesnya, dan masih banyak lagi hingga sepertinya setiap anak kecil punya kesempatan untuk masuk dapur rekaman mewujudkan mimpi serta ambisi ortu.

Dulu telinga anak-anak akrab dengan lirik lagunya Eno yang menceritakan tentang nyamuk nakal, mereka juga mengenal cita-cita lewat celotehan riang boneka Susan atau Sherina dengan olah vokalnya yang merdu, juga dari penyanyi cilik lain dimana rata-rata mereka bercerita tentang riangnya kehidupan kanak-kanak.

Disaat anak sulungku masih berumur 2 tahun, dunia musik nggak cuma diramaikan oleh lagu anak-anak tapi lagu Isabella dari negeri jiran pun tak kalah heboh bersaing adu kenceng. Makanya anakku nggak cuma piawai menyanyikan lagu Tukang Baksonya si Meli bersama S.Bagyo tapi juga hapal lagu Isabella bang Ami Search....
"Dia...Isabella...lambang cinta yang laera...tepisah kaena anaknya bebeda..." Tanpa malu Cah Bagusku ini bernyanyi mantap dihalaman kelurahan...hiks...saat itu memang aku sedang ngurus surat perpindahan penduduk.Weleh malunya daku....anak 2 tahun kok nyanyi cinta. Tapi ada rasa bangga siih...waahh..anakku sudah bisa berdiri....eh! bernyanyi...meski liriknya agak kacau. Juga nggak kalah lucu kalau cah bagus ini menyanyikan lagu "Step by step uuu baibe..." dan tubuh gendutnya pun bergidal-gidul menirukan step dancenya New Kid onThe Block penyanyi idolanya.

Walaupun lagu orang dewasa banyak berpengaruh pada perbendaharaan kata anak-anak kala itu, tapi menurutku masih terasa manis meski banyak kata-kata cinta en sayang pada syair lagunya.....nggak vulgar gitu lho...
Lha sekarang..coba aja simak refrain lagu Lelaki Buaya Darat sang Ratu ....
Lelaki buaya darat
Busyet aku tertipu lagi
Bayangin deh jika anak balita yang ngomong aja belum becus tiba tiba bilang Bussyyett....
...gGubBraK!!..."apa yang baru saja kau katakan nak..?"

Atau jangan-jangan malah niruin Dewi Persik .....
" bang.. sms siapa ini bang... bang pesannya pake sayang2.. bang nampaknya
dari pacar abang.. bang hati ini mulai tak tenang...bang.. tolong jawab tanyaku abang.. bang nanti hp ini kubuang.. bang ayo dong jujur saja abang.. bang kalo masih sayanngggg..... ..."
Welha..ajur.... alias hancur hatiku....!!

Atau jangan-jangan fasih juga menyanyikan lagu jawaban SMS...
jujur abang berkata, bukan bersilat lidah
ku berani bersumpah karna tidak bersalah
Orang salah kirim tuh, orang iseng-iseng tuh
Orang salah kirim tuh, orang iseng-iseng tuh
Kumohon kepadamu, kembalikan hpku
Weh..weh...nggilani.... !!

Lagu dengan tema seperti itu memang sangat mudah dikenal dan dihapal oleh berbagai kalangan termasuk anak-anak walaupun belum tentu mereka paham maknanya.Beruntung anak-anak Indonesia yang kini sedang mengikuti tugas orang tua di Kuala Lumpur sini, yess! untuk sementara mereka aman dari serangan kalimat-kalimat yang terdengar ajaib bagi telinga anak-anak. Kendati bukan berarti di Malaysia tidak ada lagu-lagu Indo, tapi biasanya lagu Indo yang sampai kesini sudah terkena seleksi terlebih dahulu.

Oleh karena bisnis lagu anak kurang diminati, akhirnya kuping si mungil menjadi terlalu sering mendengarkan nyanyian yang tidak pas untuk usianya. Nah..sekarang bagimana orang tua memberikan tameng pada anak-anak supaya lagu dengan jurus ngeres, jurus misuh, serta sumpah serapah tidak memberikan efek negatip kepada generasi imut-imut serta tidak menjadikannya sebagai pelajaran pertama pada fase belajar bicara mereka?.....

10 comments:

Muhammad Mufti said...

Rasanya ini pengaruh dari media elektronik mbak, maksudku TV. Keponakanku yang umur 3 th aja fasih banget nyanyiin lagunya Radja "Tuluskah hatimu mencintai aku, bila aku pernah menyakiti hatimu..." Nah lho!

endangwithnadina said...

hehehe..anakku juga kena virus ini lo...waktu ultah di resto dan ditanya penyanyinya mau minta lagu apa,malah perbendaharaan lagu2 Samsons itu yg diminta...weleh weleh...

Ely said...

wah mbak aku ngakak lho baca tulisanmu diatas, membayangkan anak2 kecil nyanyi lagu dewasa

selama aku tinggal disini, hampir nggak pernah dengar tuh mbak lagu anak2, cuman sekali beberapa tahun yg lalu ada anak kecil nyayi lagu ttg seekor binatang, ngetopnya bukan main, jadi terbalik, yang ikut2an nyanyi juga orang dewasa, bahkan di TV diberitakan sampai ke disko2 juga terdengar lagu ini di putar untuk berjoget hi..hi..hi..!

Kalo ditanya tentang tameng, wah susah juga ya mbak njawabnya, kalo lagu spt itu dah menjamur. Mungkin satu bentuk tameng kecil lainnya, si kecil bisa di biasakan mendengar lagu anak2 lawasnya si Eno dkknya yang di putar di rumah.

bank al said...

lagu-lagu popo yg berisi perbendaharaan yg tidak cocok bagi anak2 kayaknya bukan cuma di Indo. Lagu2 bule juga banyak yg begitu.

Apakah di negara bule sana tidak ada masalah yg sama ya ?

Vina said...

Iya bgt Mbak.. Kayanya dgn kebebasan pers, semua jadi bebas bablas.. Ga lagi dikategorikan yang seni & yang 'cuma judulnya yang nyeni'.. Semua di komersialisasikan. Saya aja sk sebel dgn film2 yg ktnya utk anak2, tp byk unsur kekerasan & pelecehannya. Mana nih LSF, koq ga ada gaungnya lg.. :(

Larasati said...

Mbak2 en mas2...anak2 kecil ini emang mahluk lemah yang kiut dan imut. Ibaratnya seperti lembaran kertas putih. Akan bernuansa warna apakah dia nanti, semua tergantung pada orang dewasa yang memberikan ukiran.

venus said...

emang susah sih, mbak. gimana kita mbendungnya, coba? lha tiap hari diputer di tivi jeee..

pancarAdis said...

Kalau jaman sekarang sungguh jauh perbedaannya. masih mending kalau anak-anak mau ngapalin lagu-lagu warisan jaman kita.
yang saya prihatin, justru mereka sekarang malah lebih hapal lagu-lagu dewasa. keponakan saya saja, baru berumur 4 tahun sudah sangat hapal menyanyikan lagu Teman Tapi Mesra...

Jauhari said...

Atau jangan-jangan malah niruin Dewi Persik .....
" bang.. sms siapa ini bang... bang pesannya pake sayang2.. bang nampaknya
dari pacar abang.. bang hati ini mulai tak tenang...bang.. tolong jawab tanyaku abang.. bang nanti hp ini kubuang.. bang ayo dong jujur saja abang.. bang kalo masih sayanngggg..... ..."
Welha..ajur.... alias hancur hatiku....!!


Setau saya bukan lagunya Dewi Persik deh ;)

Larasati said...

lhah...trus lagune sopo toh mas.. :O