Friday, June 23, 2006

nJomblo

antara seru dan manyun...

Njomblo termasuk perbendaharaan kata baru yang menyatakan keadaan seseorang ketika sedang tidak mempunyai pasangan. Istilah anak muda sekarang memang aneh-aneh, terkadang memang nggak nyambung antara istilah dengan maknanya hingga bikin bingung orang tua seperti halnya kata 'jayus' untuk mengekspresikan seseorang yang 'wagu' dan nggak 'mutu'. Kalo sekedar istilah dengan hanya menyingkat dua kata seperti gaptek (gagap teknologi), lemot (lemah otak), PeWe (Paling Wuenak) sih enteng.... mungkin masih bisa dipahami orang tua karena mengandung arti yang tampak secara explisit. Dan jujur saja aku mengenal kata jomblo setelah Band Gigi sering tampil di Tipi menyanyikan lagu yang lumayan ngetop itu.

Pacaran dan jatuh cinta adalah serba-serbi kehidupan remaja yang penuh dengan warna. Dengan berkali-kali jatuh cinta kemudian pacaran dilanjutkan dengan putus cinta dan kemudian jatuh cinta lagi hal ini menjadi suatu proses pendewasaan hingga menjadi aktivitas biasa yang menjadi pesona kehidupan riang remaja.. Jika kelanggengan pernikahan ditandai dengan ulang tahun pernikahan, maka anak-anak remaja ini memperingatinya sebagai hari dua bulanan, tiga bulanan, empat bulanan sesuai dengan hari 'jadian' mereka. Ini semua mereka rayakan secara serius meski minggu berikutnya berantem dan esoknya bubaran....yaahh...nJomblo deh....

Ketika sedang menjomblo, sebagian orang akan merasa bebas karena hilangnya ikatan dan mendapatkan kemerdekaan. Tapi sebagian lain merasa patah arang serta kehilangan keseimbangan setelah kehilangan sesuatu yang pernah mengisi hatinya.

Bukan nJomblo aja yang bikin masalah, orang tua dari seorang remaja yang sedang punya pacar ternyata ikut stres ketika anaknya sedang jatuh cinta.
"EEiit..eitt...nyetirnya pelan-pelan aja cah bagus..mama takut nih...nyetir kok ngawur begini...kayak sopir angkot ajah...." omelku pada anak sulungku...
"Hah..??"....nggak dengar dia..
"Makanya suara lagunya dipelanin...lagu gombrang gambreng gini nggak karuan diputar ..." jawabku kesal sambil mengecilkan suara CD.
" Abis BeTe...sebel..kesel...punya cewek ngambek melulu!" gitu keluhnya...
OOoo...pantesan....dasar anak SMA....

Tapi itu dulu, ternyata setelah menginjak bangku kuliah dia lebih bijaksana,
"Jadi sekarang kamu masih kosong ya le..(tole/anak laki2)..." tanyaku penuh perhatian.
"Iya mah..sementara nJomblo dulu lah...kayaknya lebih enak begini bisa konsentrasi , apalagi ini kuliah tahun pertama, lagi repot-repotnya" gitu katanya kalem..
" Nanti deh..kalo udah punya adik kelas, baru hunting cewek.....gitu kata eyang..."
Aku cuma senyum-senyum mendengar penuturannya....bagus...bagus...mama jadi agak tenang disini.

Jaman sekarang anak SMP tidak kalah serunya dalam hal olah jatuh cinta. Jangan heran jika anak-anak ini mudah sekali uring-uringan. Emosinya meluap-luap menyaingi ibunya yang sedang mengalami PMS.
"Mah..sabun Dovenya abis..." celetuk si adek tanpa ekspresi..
"Masak sih dah abis...kamu boros ya 'mlothot'nya...makenya dikit-dikit aja..." omelku..
"Mama gimana si..kalao dikit-dikit jadi jerawatan..." sahutnya gak mau kalah.
"Nih..nih...jerawatnya muncul kan..mama si ....terlalu irit " kata dia lagi...
Dan perdebatan pun masih terus berlangsung sampai aku tersadar....
Wah...PMS nih....dan si adekpun ternyata punya 'gebetan'.....

Tapi keadaan ini akan berubah total ketika si adek putus dan menJomblo lagi....
"Sini Dek...duduk disebelah mama, kita ngobrol-ngobrol.." kataku sambil manarik tangannya...
" Ya mama..." sahut si Adek maniiiss...sekali, dan dia akan melendot manja.

MenJomblo gaya Kangmas Jogelem suamiku lain dengan gayanya remaja. Kehidupan serasa tak berjalan baginya jika tidak ada inspirasi untuk membuat suatu tulisan. Kemampatan ide membuatnya lesu dan kehilangan motivasi.
"Ada apa kang..kok melamun sedih..." tanyaku prihatin..
"Anu nduk...lagi kosong....." jawabnya lungkrah...

Ternyata menJomblo bukan hanya istilah mengenai keadaan seseorang ketika sedang tidak berpasangan, tapi dapat juga dianalogikan dengan hilangnya sesuatu yang sudah melekat dan menjadi bagian hidup dari seseorang.

Tak ubahnya dengan bu Genduk yang selalu masuk angin jika kekurangan aktifitas....yaahh...nJomblo deh.....

1 comment:

Anonymous said...

World Of Warcraft gold for cheap
wow power leveling,
wow gold,
wow gold,
wow power leveling,
wow power leveling,
world of warcraft power leveling,
wow power leveling,
cheap wow gold,
cheap wow gold,
maternity clothes,
wedding dresses,
jewelry store,
wow gold,
world of warcraft power leveling
World Of Warcraft gold,
ffxi gil,
wow account,
world of warcraft power leveling,
buy wow gold,
wow gold,
Cheap WoW Gold,
wow gold,
Cheap WoW Gold,
wow power leveling
world of warcraft gold,
wow gold,
evening gowns,
wedding gowns,
prom gowns,
bridal gowns,
oil purifier,
wedding dresses,
World Of Warcraft gold
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow power level,
wow power level,
wow power level,
wow power level,
wow gold,
wow gold,
wow gold,
wow po,
wow or,
wow po,
world of warcraft gold,
cheap world of warcraft gold,
warcraft gold,
world of warcraft gold,
cheap world of warcraft gold,
warcraft gold,buy cheap World Of Warcraft gold
Maple Story mesos,
MapleStory mesos,
ms mesos,
mesos,
SilkRoad Gold,
SRO Gold,
SilkRoad Online Gold,
eq2 plat,
eq2 gold,
eq2 Platinum,
EverQuest 2 Platinum,
EverQuest 2 gold,
EverQuest 2 plat,
lotro gold,
lotr gold,
Lord of the Rings online Gold,
wow powerleveling,
wow powerleveling,
wow powerleveling,
wow powerleveling,world of warcraft power leveling
ffxi gil,ffxi gil,ffxi gil,ffxi gil,final fantasy xi gil,final fantasy xi gil,final fantasy xi gil,final fantasy xi gil,world of warcraft gold,cheap world of warcraft gold,warcraft gold,world of warcraft gold,cheap world of warcraft gold,warcraft gold,guildwars gold,guildwars gold,guild wars gold,guild wars gold,lotro gold,lotro gold,lotr gold,lotr gold,maplestory mesos,maplestory mesos,maplestory mesos,maplestory mesos, maple story mesos,maple story mesos,maple story mesos,maple story mesos,
b3g6k7ug