Monday, October 26, 2009

Aku bukan teman ayah ....

Tiba-tiba seorang anak kelas 5 Sekolah Dasar berkata demikian kepada ayahnya.
" Lho kenapa ? ... Ayah kan selalu menemanimu sejak kecil ..." protes sang ayah..
" Tapi ayah kan belum add aku as a friend..... jadi kita belum berteman ...."
Weleehh... Usut punya usut rupanya si anak ikut terlanda demam Face Book.

Akhir-akhir ini FB memang semakin rruarr biasa. Malah perusahaan telekomunikasi pernah mengenalkan penggunaan internet kepada ibu-ibu arisan dan ibu-ibu pengajian dengan memberikan contoh ber FB ria untuk menjalin indahnya berteman dan bersilaturahmi melalui dunia maya. Pengenalan internet kepada ibu-ibu tidak bekerja memang sangat bermanfaat. Karena jika mau memanfaatkan fasilitas internet ibu rumah tangga pun bisa juga pintar, tidak akan lagi seperti katak dalam tempurung yang hanya berkutat dengan urusan cuci, gosok, ngepel serta tawar menawar dengan tukang sayur. Apalagi keberadaan Fesbuk semakin meyemarakkan dunia pergaulan, menambah teman dan memperluas wawasan sehingga dunia tidak lagi hanya selebar RT dan RW saja. Walaupun itu hanya di dunia maya dan tidak pernah bersua, tapi yang penting sering bertutur sapa walau hanya sebatas saja. Suatu saat sekali-sekala bisa saja berjumpa untuk mengenal yang sesungguhnya.

Pernah ada yg bilang bahwa fesbukan haram, saya setuju ! Weh...tapi tunggu dulu. Fesbukan memang bisa jadi haram kalau sampai menerlantarkan urusan yg lain. Lhah kalau cuma normal-normal saja kayak aku begini sepertinya nggag apa-apa dwech... Ngaku saja, saya pernah beberapa kali pernah menggosongkan masakan, dan belakangan merebus air sampai kering kerontang, tapi sepertinya masih bisa dimaafkan karena saya yakin para fesbukers pasti maklum bagaimana sih asiknya ceting.

Utamanya fesbukan memang untuk ajang silaturahmi kepada sanak saudara, teman dan handai taulan. Mengingat sibuknya kehidupan saat ini bertemu dengan kawan-kawan maupun sanak keluarga yg jauh dimata adalah suatu event sangat langka, maka dengan adanya situs ini balung pisah pun kembali bisa terkumpul dengan hanya ngeklik kompi....
" just click away " ...gitu loh....
Silaturahmi di FB pun mudah, tidak perlu ketok2 kulonuwun alias permisi plus membawa oleh-oleh, cukup dengan say hello di wall, komen2 atau kalau tidak sempat menulis cukup memberikan jempol dengan ngeklik like this.

Banyak yang bisa diambil manfaat dari FB selain mempererat ikatan tali persaudaraan diantara teman2 dan saudara. Sharing informasi seringkali dapat meningkatkan motivasi juga memberikan inspirasi hingga memberikan semangat hidup untuk dapat berbuat lebih baik dari waktu ke waktu, pada setiap saat dan kesempatan.

FB juga bisa buat ngecek kegiatan pasangan loh....uPst !..
Yah meski banyak cara untuk menyembunyikan kegiatan kasak-kusuk, tapi minimal akan mengerem keinginan untuk melakukan perbuatan curang karena merasa saling diawasi. Dan oleh karena tidak setiap kawan kita adalah teman pasangan kita, maka perlu diwaspadai juga, jangan sampai kita berbagi pasangan dalam FB. ...
aAawW.....naudzubillahimin
dzalik..!!...
Kalau sampai terjadi begini jangan sungkan-sungkan singsingkan rokmu tinggi2.... hajar bBlehh..!!....

Tapi jangan panik dulu, ada manfaat lainnya kok. FB juga bisa untuk mengawasi kegiatan anak-anak dengan melihat siapa saja teman-temannya. Tentu saja kalau si anak tidak keberatan untuk berteman dengan ortunya, sebab biasanya anak remaja belum tentu suka jika kegiatannya diintip-intip oleh bokap n nyokapnya. Seandainya sudah jadi teman pun ortu jangan suka usil dengan bertanya-tanyi n ikutan ngerumpa-ngerumpi tentang teman2nya, salah-salah bisa diremove dari friend's listnya.... he..he...cuciaaannn deh loe ....

Sisi baik dari keberadaan FB tentu saja harud dilandasi dengan niat baik dalam memanfaatkan situs pertemanan ini.
Jangan sampai keinginan dalam menjalin dan memupuk silaturahmi kepada teman serta sanak saudara diplesetkan menjadi kegiatan yang mengarah kepada pelecehan, ajang umuk2an alias sombong-menyombing bahkan lebih parah FB menjadi arena tantang2an antar geng seperti yg baru-baru ini diberitakan di televisi.

Jika dunia FB dianggap sebagai ajang pelecehan tentu saja tidak tepat, karena pelecehan bisa terjadi di mana-mana baik di kendaraan umum, di pertokoan, di jalan raya, atau di ujung gang sekalipun. Dari tingkat lirak-lirik, senggal-senggol, colak-colek sampai tingkat siulan nakal seorang pemuda kepada perempuan yg lewat di depannya ... suit..suitttt...mbak..rodanya muter...

Memang perlu kehati-hatian dalam menuliskan sesuatu di wall FB maupun tulisan-tulisan di notes, karena salah-salah komen-komen nakal akan muncul menanggapi ungkapan dari apa yg anda pikirkan. Contohnya, ada seorang fesbuker yang menuliskan kata-kata " Ah..kamu memang tidak romantis.." mendapatkan komen ..." mau sama akuuu...?"
he..he..becanda kok, masa gitu aja marah sih ......
Yo'i bercanda, tapi nakal kan ?

Oleh karena perbedaan antara menginfokan diri sendiri dengan sombong sangat tipis, maka jangan sampai terpeleset ketika menuliskan apa yg sedang anda lakukan, apa yg anda inginkan, dan segala sesuatu yg berhubungan dengan diri anda. Salah-salah malah dianggap sombong ketika menuliskan " sedang ngupi-ngupi di setarbak "...Yang nggag suka akan membatin, iya2 yg bisa ngupi mahal, kalo gwe sih kupi kafal afi juga udah demen. Padahal maksud anda ketika menuliskan mungkin untuk memudahkan teman2 yg ingin bertemu dengan anda, kan tinggal nyamperin gitu loh...
Atau ketika anda menuliskan berlibur di ngustrali atau di ngamrik atau dimanapun, yg bermaksud untuk menginfokan keberadaan anda agar orang yang berhubungan dengan anda tidak bingung mencari-cari pun bisa dianggap somsek atau membuat yg lain menjadi kepengen alias iri hati. He..he...he... susyah juga yah bergaul di dunia maya, mirip kehidupan di dunia nyata.
" Paaakkk.... bu Joko tetangga sebelah beli tipi baru ....."
Woalaahhh .... makanya jangan terlalu sering ngintip tetangga bu...

Ah...FB memang fenomenal !!

Harus ada trik agar ber FB ria sesuai dengan maksud tujuan pertemanan. Lebih-lebih supaya dunia maya tetap terjalin dengan manis, romantis dan harmonis, perlu kiranya berhati-hati dalam menambah daftar teman di FB anda .
- Terutama untuk wanita, jangan mau berteman dengan petualang ! Biasanya dengan nama laki2, dan ketika anda tengok daftar temannya semuanya adalah wanita2 cantik. Wess..yg model begini ignore saja !
- Hati2 dalam meng add friend, kalau nggag kenal nggag usahlah capek2 nge add, kecuali ada teman suggest ke anda.
- Pastikan anda mengkonfirm teman yg anda kenal. Minimal anda punya mutual friend untuk mengkonfirm teman2 yang tidak dikenal.
- Atau jika anda kelepasan ngeklik konfirm padahal tidak mengenal, bisa diremove atau biarkan saja tapi kalau sudah mulai macam2 ya gag usah segan2 untuk membuang.
- Dan pastinya sah-sah saja kalau ingin me remove seseorang jika menurut anda sudah bertindak menyebalkan. Di remove juga nggak bakalan tahu, apalagi kalau friends listnya sudah segudang.

Jadi marilah kita ber FB dengan tenang, dan berfikir positif saja. Ambil manfaatnya lalu buang yg tidak penting.
Hidup akan lebih bermakna dengan perasaan bahagia tanpa duga prasangka, semua akan tampak beautifull jika anda mengucapkan I love you full .....

No comments: