Monday, October 08, 2007

" iihh..emangnya fear factor.."

Tinggal beberapa saat lagi hari raya Idul Fitri 1428 H akan datang. Wanginya aroma kueh mueh mulai tercium di berbagai sudut dapur rumah tangga maupun apartemen. Warna-warni jajanan lebaranpun sudah tampak terpajang di pusat-pusat perbelanjaan mengundang pembeli yang tidak sempat berkutat dengan tepung, susu, gula, selai,kacang mede dan juga panasnya ketuhar alias oven.

Tak lama lagi manisnya saat-saat berbuka puasa akan segera berakhir, khusyunya sholat tarawihpun mulai akan beralih. Acara makan gratis disaat bedug magrib juga segera habis.

Berbuka puasa di KL memang agak berbeda dengan di INA. Disini hampir seluruh mesjid menyediakan santapan berbuka untuk semua orang bukan hanya undangan tertentu. Hal ini dilaksanakan setiap hari hampir diseluruh mesjid yang ada di KL. Mungkin bukan hanya di KL tapi diseluruh MY. Sepertinya semua orang berlomba-lomba memberikan sodakohnya dibulan penuh berkah ini. Dari tukang jualan makanan dipinggir jalan, orang2 kaya sampai restoran besar jauh-jauh hari sudah ngantri mendaftarkan diri untuk menjamu buka puasa ke mesjid-mesjid. Subhanallah...sampai fully book. Jadi kalau kita berniat tidak akan masak sebulan penuhpun dijamin gak akan kelaparan.

Sebenarnya aku suka juga sih yang gratis-gratis, tapi sampai saat ini belum kesampaian juga untuk ikutan hadir mencicpi hidangan di mesjid2 tersebut hingga disetiap bulan puasa dapurku tetap setia mengepul disaat petang mulai datang.

Tak bisa dipungkiri jamanku memang paling seneng barang gratisan berbeda dengan era anakku yang justru akan merasa heran jika sesuatu diberikan secara percuma. Kemaren saat berbuka di Secret Recipe anakku si bontot sempat membuatku tersipu. Diluar makanan pesanan, restoran ini memberikan kurma serta minuman dingin dengan rasa mak nyuss juga ice cream coklat super lekker....
" wiihhh...gratiss ya..." cetusku dengan wajah berseri-seri..
" mamah...bukan gratis, tapi complimentary....! weleh...lagi2 si bontot mengoreksiku dengan wajah protes...
" jamannya mamah nggak ada tuh complimentary, adanya ya dikasih gratisan getuuhh.." nggak mau kalah juga dakyu..
" tapi malu-maluin maahh....orang kok senengnya gratisan, semua kan udah dikalkulasikan harganya... jadi ya nggak gratis...." kata si bontot lagi..
Haiyaakk......si bontot mulai mletik otaknya. Ya sudah sekarang mamah akan mengubah mind set agar berpikir bahwa tidak ada barang gratis di dunia ini. Tapi pliisss...bernapas en kentut tetep boleh gratis ya.... :(

Karena bulan Ramadhan akan segera bergeser menuju 1 Syawal, memikirkan menu masakan untuk makan bersama dengan handai taulan di Hari Raya sudah mulai di on-kan. Banyak usulan dilontarkan. Dari banyaknya usulan ternyata menu yang mengandung fear factor masih digemari malah menjadi favorit di hari raya. Yess!!...Sambel goreng hati sapi.
" Ibu-ibu berhubung kita-kita sudah mulai sepuh mari kita kurangi makan jerohan..." gitu kataku sok menghimbau..
" yaaa.....nggak mantep dong"....tuh kan pada kecewa...
Memang sih rata-rata orang suka dengan bahan masakan berbau daleman seperti soto jerohan, kripik paru, babat goreng bacem,, sate ati, oseng2 ampela ati ayam dll.

Tapi sejak 15 tahun lalu, untuk makan jerohan-jerohan tersebut bagiku bagaikan ajang fear factor ...sumprit!! Kenapa..?
1. Ya tentu saja karena menyadari usia yg semakin bertambah, nggak bagus getu loh buat kesehatan.
2. Mbayangin bentuknya kalau belum dimasak..
3. Mbayangin fungsi jerohan ketika si binatang belum disembelih
4. Ikut-ikutan Garfield. Tonton aja Garfield 2, ternyata si doi gak suka ati sapi untuk makanan kalengnya . "Iiiihh!!...emangnya Fear Factor..." gitu katanya ketika si John bosnya menyodorkan makan untuknya.

Halah.... apapun menunya, kebersamaan di hari raya pasti akan menimbulkan kebahagiaan. Apalagi banyak keluarga berkecukupan menggelar acara open house dimana kita bisa datang untuk makan minum serta bersalam-salaman. Yah..tentu saja gratis....upst!!

"Hayoooo...mamah mikir gratisan lagiii...!!!"

13 comments:

Thole van Jogja said...

Whallah budhe,
Poso-poso ngomongin makan lagi :o)

amethys said...

waaa....aseek, emang seh ga ada yg gratis di mana saja...pipis aja di Indonesia harus bayar loooh....hihihi


Selamat idul fitri maaf lahir bathin diajeng laras

ika rahutami said...

mbak.... udah dapet gratisan apa lagi
takjil gratis di mesjid sebelahku paling cuman nogosari, kolak, atau carang gesing
tapi ya tetep dikrubuti ki...

venus said...

mbaaaakkk....maaf lahir batin, ayo kita cari kupat gratis, huehehe...

*ngos2an, dari kemaren gak bisa komen, berat banget dibuka blog sampeyan ini. ehm, gak kepikiran pindah ke yg lebih gampang diakses kyk punya hubby?*

mei said...

mbakk laras, lama nian aku tak mampir...met lebaran yoo..masio gratisan ngisin2ke, aku panggah seneng gratisan...haha

mandhut said...

ehehehehe,,,,

berubung gendut, aku udah disuru ngurangin jeroan sejak remaja dooong... *bangga*

hehehe. salam kenal yaaaa... salam buat anaknya :D

kenny said...

wah mbak, samuraiku malah klo lebaran minta nya sambel goreng ati + telur puyuh.

kekekeke kentut gratis njur ojo sembarangan ngentut loh.

Larasati said...

@ thole, mbok budhe dibantuin mangsak..nanti tak kasih gratisan wes..
@amethys, kalao pipis nggak mau bayar ya ngempet pipis aja. Atau jangan kebanyakan mimik... :D
@ Ika, tapi takjilan gratis gitu ngangeni lho...
@ venus, walaahh..mudik kok ya sempet2i blogging to yo...
Maap lahir batin juga ya...dikampung sowan2 aja supaya dapat kupat gratis hi..hi...
@ Mei, iyo mei lama nggak jumpa...hidup gratis..wekeke...
@ Mandhut, salam kenal kembali...wah brarti sehat duong...aku sampein deh salamnya..
@ Kenny, sumprit deh nggak mau sembarangan...tak ngumpet dulu :D

-Fitri Mohan- said...

jeng, minal aidin wal faidzin yaa. mohon maaf lair dan batin.

ga rela said...

Rombongan
Edan
Lemparin
Aja

Wis dibandemi wae kuwi rombongan edan

Ely Meyer said...

di sini mbak kalau mau beli jerohan2 spt itu malu jee .... dadi yo jarang beli mbak ^_^

maaf lahir bathin juga ya mbak

Hernik Widowati said...

Mbak sambel goreng e sesok ati ayam wae yo ? aku yo ra doyan ati sapi...

endang said...

hahahhha...iya, inget garfield 2...
gengsi ah minta gratisandi malaysia, nanti malah tambah dihina dina..