Sunday, November 16, 2008

walah..gendut...

Sharing soal kenaikan berat badan sewaktu hamil dengan teman2 memang selalu ramai. Jelaslah, karena bentuk tubuh ideal selalu akan didambakan oleh setiap wanita. Bisa dibayangkan bagaimana kerisauan para ibu baru dalam mengatasi bentuk tubuhnya yg sudah tidak seindah dulu lagi. Berbagai carapun ditempuh untuk mengembalikan timbangan ke posisi semula, seperti diet, exercise dll meski ada juga yg secara alamiah bisa kembali ke berat normal.

Ceritaku malah sebaliknya, jadi nggak seheboh cerita2 ibu2 yg kenaikan berat badannya sampai 20-28 kg karena selama dua kali kehamilan berat badankyu cuma naik 6 dan 7 kg. Waktu itu sempat takut karena menurut teorinya minimal pertambahan berat badan ibu hamil adalah 10 kg. Sampai2 setiap waktu kontrol ke dokter dakyu selalu makan dulu plus minum banyak2 supaya berat badan bertambah, tapi ya teteuup mentok aja timbangannya. Meski begitu Alhamdulillah bayi lahir sehat dengan berat badan yg cukup, dua2nya diatas 3kg. Dan setelah 1 bulan perut di balut dgn setagen yg panjangnya 3 meteran itu , juga menyusui, perut kembali rata dan malahan jadi tambah kurus en wagu.( nggak enak di lihat)

Tapiii.....
Setelah memasuki sweet 40s, pelan tapi pasti berat badanku bertambah,dan...suit..suit...montok euy...
Ibaratnya menghirup udara jadi lemak, sedangkan minum airpun jadi daging. Dan sebel nggak sebel pelampung di perut mulai nongol ber halo-halo.
Akibatnya dakyu yg tidak pernah memikirkan berapa jumlah kalori yg masuk dalam tubuh dan tidak suka berdiet alias pemakan segala , terpaksa mengerem untuk tidak mengkonsumsi makanan/minuman yg manis2 en makanan berlemak, dan mulai harus tung..itung..itung....sudah seberapa banyakkah makanan yg dikonsumsi pd hari ini ?... Yg jelas ngopi minimal 1x sehari kalo nggak bisa nagih, sedapat mungkin menghindari juices kemasan, diganti ngejus buah2an segar. Paling sirik kalo lihat tulang iga bagus2 di Carefour, bayangin aja lezatnya kalo di campur dengan bakso,..gleks...bakso tulang iga!! Untung si Gembul slalu ngingetin, "..ingat bos mamah... nyruput udara aja bisa jadi lemak lho.... "
" Walah..kan sekali-sekali aja to Mbul.."

".. sekali2 lama2 jadi berkali2 alias sering lho bos mamah, nanti mumet2 kaya bos bapak...."

Tu..wa..tu...wa..ga....pat..ma...
Ternyata olah raga emang paling cespleng buat ngempesin lemak di perut. Mau lari, jalan, naik turun tangga, berenang, dll efeknya bakalan sama minimal keluar keringat serta menyegarkan. Atau mau angkat besi, angkat2 ember, angkat botol aqua ke dispenser ..? wah...kayaknya angkat2 nggak tepat layauw..secara boyok pinggang bisa pegel linu atau sakit pinggang, bisa merbahaya untuk ibu2. Sebagai pengganti bolehlah ngosek kamar mandi, nguras bak mandi, atau kalo sanggup nguras kolam renang... walah...
Yah minimal OR ala mr. Bean...tangan diletakkan di tembok kemudian badan di gerakkan ke kanan dan ke kiri 2x saja..ngik..ngok...ngik..ngok...udah.
Maklum, seiring dg bertambahnya umur maka kenaikan Berat Badan biasanya akan ikut bertambah juga karena mulai berkurangnya aktivitas, selain kualitas kerja metabolisma tubuh yg sudah mulai berkurang.

Yo weslah, segitu aja ceritanya.
Mau nguras wastafel dulu..

6 comments:

vidya said...

ooo jadi ntar kalo udah di atas 40 bisa gemuk sendiri ya budhe?
*secara sekarang suami udah protes2 ngeliat berat badan melorot terus*

latqueire said...

saya seh kayanya ada bakat gemuk.. mungkin nanti setelah ada si baby.. saat ini seh.. masih parno ma timbangan.. alias takut BB naik.. hihihi

Larasati said...

Vidya, biasanya seh memang gemuk sendiri. Iya Vidya makannya yg banyak dong, mumpung 40nya masih jauh en biar mantaf pegangannya.:D

Latqueire, hi..hi..kemana2 harus bawa timbangan dung... :D

ika rahutami said...

hahahah sama mbak... aku yo sebel banget, minum air putih aja jadi daging...
kudune nduwe pesaing buat ngurusin badan yo... ben termotipasi

Larasati said...

ika, pesaingnya opo...?
jangan bilang gadis kinyis-kinyis ya...biyuh,,biyuh..susyah ngelawannya... :D

Markontie said...

ngomong-ngomong ini kok saya jadi ikut ketularan doyan ngopi ini bagaimana ini..??